Advertisement

Kulit Wajah Kering dan Bersisik, Begini Cara Mengatasinya

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 03 Juni 2023 - 20:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kulit Wajah Kering dan Bersisik, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Eksfoliasi berlebihan, penggunaan sabun berbahan keras atau tidak sesuai jenis kulit, memiliki kondisi kulit seperti eksim merupakan sejumlah penyebab umum dari kulit kering. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena usia, kurangnya asupan air, perubahan suhu atau tingkat kelembapan, dan kekurangan vitamin D, vitamin A, niacin, zinc, atau zat besi.

Perlu diketahui bahwa kulit kering dengan kulit dehidrasi merupakan dua hal yang berbeda. Renée Rouleau, seorang ahli kecantikan menjelaskan melalui Byrdie bahwa kulit kering terjadi karena kekurangan minyak, bisa jadi akibat genetika, serta akan tampak bersisik dan kasar. Sementara, kulit dehidrasi ialah kulit yang kekurangan air dan tampak kusam serta kencang.

Advertisement

Akibat kekurangan sebum, seseorang dengan kulit kering memiliki pori-pori wajah yang kecil dan hampir tidak pernah berjerawat. Akan tetapi tanpa minyak kulit kehilangan kelembapan alami sehingga memungkin tampak kasar dan bersisik bahkan kerutan dapat tampak lebih jelas.

Kondisi kulit kasar serta bersisik tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

Baca juga: Siap-siap Gobyos! Ini Rekomendasi Warung Oseng Mercon di Jogja

1. Pastikan produk skincare sesuai jenis kulit

Penggunaan sabun atau produk perawatan kulit wajah yang tidak sesuai bisa menjadi sumber kondisi kulit kering. Pastikan produk skincare terhindar dari kandungan alkohol, sulfat (seperti sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate, atau ammonium laureth sulfate), pewangi, atau bahan aktif seperti retinoid atau retinol dimana kandungan tersebut justru membuat kulitmu jauh lebih kering.

2. Segera gunakan pelembab setelah mandi atau cuci muka

Setelah mandi atau mencuci muka, seka sisa air dengan handuk lembut dan segeralah aplikasikan pelembab di wajah untuk mengunci kelembaban kulit. Kulit kering disarankan untuk memilih pelembab dengan tekstur krim sebab lebih efektif dan minim iritasi. Serta pilihan pelembab yang setidaknya mengandung satu atau beberapa bahan ini antara lain jojoba oil, dimethicone, gliserin, hyaluronic atau lactic acid, lanolin, atau shea butter.

3. Kurangi frekuensi cuci muka

Mengurangi waktu mandi yakni cukup 5-10 menit atau frekuensi mencuci muka sekali atau dua hari sekali ialah cara sederhana demi menjaga kelembapan alami pada kulit.

4. Lakukan perawatan sederhana di rumah

Tak hanya mengandalkan kemampuan serum, pelembap, dan produk perawatan lain untuk mengatasi kulit kering dan bersisik. Kamu juga dapat melakukan perawatan sederhana di rumah, mengandalkan bahan-bahan dapur.

Misalnya membuat masker alpukat atau masker susu, membersihkan wajah dengan minyak zaitun, atau eksfoliasi dengan oatmeal yang dicampur madu. Untuk membuat masker susu sendiri cukup sederhana, hanya dengan memasukkan selembar kain bersih ke susu dingin lalu kenakan kain pada bagian wajah yang kering selama 10 menit, kemudian bilas wajah. Susu memiliki sifat anti radang dan anti gatal alami, sedangkan kandungan asam laktat membantu pengelupasan alami pada kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement