Advertisement

Ini Penyebab dan Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 16 Mei 2023 - 05:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Penyebab dan Cara Mencegah Mabuk Perjalanan Ilustrasi mabuk perjalalanan - Istockphoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagian besar orang sudah pernah mengalami mabuk perjalanan baik saat menggunakan mobil, bus, kereta api, kapal laut, maupun pesawat terbang. Kondisi ini tidak memandang usia, anak-anak hingga orang dewasa bisa mengalaminya.

Kondisi ini dapat menghilang ketika seseorang telah terbiasa naik kendaraan. Namun hal itu juga tidak menjamin karena orang terbiasa perjalanan jauh juga masih bisa mabuk dan membuat aktivitas perjalanan pun terganggu.

Advertisement

Selain pusing, mual, dan muntah, mabuk perjakalan sering pula diikuti gejala lain seperti kulit pucat, keringat dingin, sulit konsentrasi, nafas cepat atau terengah-engah, gelisah, hingga meningkatnya produksi air liur.

Lantas apa penyebab dari mabuk perjalanan?

Otak sebagai pusat kendali tubuh manusia mengalami kebingungan akibat pertentangan antara sinyal yang diterima dari bagian penginderaan gerak tubuh yakni mata, telinga bagian dalam, otot, dan persendian.

Dimana mata dan telinga menyadari tubuh dalam kondisi bergerak saat otot dan persendian tidak melakukan pergerakan apapun. Dua sinyal yang bertentangan ini lah yang kemudian dikirim ke otak dan menimbulkan kebingungan hasilnya menyebabkan seseorang mabuk perjalanan.

Baca juga: Puskesmas Depok 1 Sleman Ditembaki Satpam, Motifnya Sakit Hati Dipecat

Kondisi ini berisiko lebih tinggi pada anak rentang usia 2-12 tahun atau wanita hamil, orang yang memainkan handphone atau membaca buku di dalam kendaraan, serta menaiki wahana taman hiburan seperti rollercoaster atau pengalaman realitas virtual.

Cara mencegah mabuk perjalanan

Menghadap ke depan merupakan salah satu cara agar tidak memicu mabuk perjalanan. Pemilihan tempat duduk juga dapat meminimalisir mabuk.

Berikut ini rekomendasi posisi duduk yang tepat untuk meminimalisir mabuk perjalanan:

- Perahu: Duduklah di tengah perahu di dek atas
- Bus: Pilih tempat duduk dekat jendela
- Mobil: Duduk di kursi penumpang depan
- Pesawat: Duduk di bagian sayap
- Kereta: Pilih tempat duduk dekat jendela yang menghadap ke depan
- Kapal: Pilihlah kabin di bagian depan atau tengah kapal. Jika bisa, pilih satu di tingkat yang lebih rendah atau lebih dekat ke air.

Sementara jika mabuk perjalanan telah melanda cobalah untuk menghirup udara segar, menghirup aroma herbal, fokus melihat objek yang stabil, dan sediakan obat anti mual jika kamu memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Semeru Kembali Erupsi Setinggi 600 Meter dari Puncak Gunung

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement