Advertisement

WHO Resmi Mencabut Status Darurat Cacar Monyet

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 12 Mei 2023 - 21:00 WIB
Sunartono
WHO Resmi Mencabut Status Darurat Cacar Monyet Ilustrasi tangan seseorang terinfeksi virus cacar monyet atau Monkeypox - BBC

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mencabut status darurat cacar monyet atau monkey pox. Nyaris setahun setelah menyatakan penyebaran cacar monyet atau monkey pox sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional (PHEIC).

BACA JUGA : Menkes Akan Lobi WHO untuk Cabut Status Pandemi 

Advertisement

Hal ini, menyusul penurunan tajam jumlah kasus cacar monyet tersebut.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan bahwa penyakit itu masih menjadi ancaman, terutama di beberapa bagian Afrika yang telah lama ada. Karena itu, dia tetap menyerukan negara-negara untuk tetap waspada dan terus memastikan akses ke tes dan vaksin.

Cacar monyet, ditularkan melalui kontak dekat dengan manusia atau hewan yang terinfeksi, serta melalui bahan seperti seprai yang terkontaminasi, dan menyebabkan demam, nyeri otot, dan bisul besar. lesi kulit.

Meskipun diketahui hadir di beberapa bagian Afrika Tengah dan Barat sejak tahun 1970-an, mpox dinyatakan sebagai PHEIC pada Juli 2022 setelah kasus mulai muncul di seluruh Eropa, Amerika Utara, dan tempat lain, terutama di kalangan pria gay dan biseksual.

BACA JUGA : 2 Hotel di Jogja yang Izinnya Akan Dicabut Pemkot

Sejak itu, WHO telah mencatat lebih dari 87.000 kasus dan 140 kematian di 111 negara. Namun, dalam tiga bulan terakhir, tingkat mpox telah turun hampir 90% sehingga status darurat dicabut – sama seperti kasus COVID-19 seminggu yang lalu.

"Sementara keadaan darurat mpox dan Covid-19 sudah berakhir, ancaman gelombang kebangkitan tetap ada untuk keduanya," desak Tedros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pernah ke Yaman, Densus 88 Ringkus 3 Terduga Teroris

News
| Minggu, 04 Juni 2023, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan Laut Mati, Ternyata Perairan Paling Asin di Bumi Ada di Kolam Ini

Wisata
| Minggu, 04 Juni 2023, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement