Advertisement

Apa Itu Penyakit Sirosis Hati? Berikut Penjelasannya

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 12 Mei 2023 - 14:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Apa Itu Penyakit Sirosis Hati? Berikut Penjelasannya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Praktisi kesehatan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. R. Desy Nurhayati memaparkan bahaya dan gejala yang diakibatkan oleh penyakit sirosis hati yang mengganggu sistem metabolisme tubuh manusia.

"Pertama, sirosis hati kalau sudah parah akan berkomplikasi dengan penyakit lain yang mengakibatkan gagal fungsi hati," katanya dalam diskusi terkait pencegahan sirosis hati yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Waspada! Sakit di 3 Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit Liver

Desy mengatakan komplikasi penyakit sirosis hati terjadi pada jaringan parut hati yang meningkatkan tekanan darah di sejumlah pembuluh darah pada tubuh.

Beberapa diantaranya adalah pada tenggorokan dan usus yang menimbulkan varises yang dapat pecah jika tidak ditangani secara serius.

"Peristiwa tersebut mengakibatkan muntah serta buang air besar yang mengeluarkan darah," sambung dokter yang praktik di Rumah Sakit Paru dr. H. A. Rotinsulu, Bandung itu.

Selain itu, Desy mengatakan sirosis hati yang sudah berkomplikasi dengan penyakit lain juga mengakibatkan Asites (penumpukan cairan di perut) yang diakibatkan oleh rendahnya kadar protein dalam darah.

BACA JUGA: Waspada! Sering Mimisan Jadi Gejala Penyakit Ini

Asites yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan infeksi pada organ dalam tubuh manusia, tambahnya. "Sirosis hati juga dapat mengganggu fungsi ginjal karena suplai darah terganggu akibat gagalnya fungsi hati," katanya

Desy mengimbau kepada masyarakat untuk mengenali faktor risiko penyakit sirosis dan menjaga gaya hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, tidak meminum alkohol, tidak menggunakan jarum suntik, serta melakukan skrining dan imunisasi hepatitis untuk mencegah timbulnya penyakit sirosis hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement