Advertisement

Kenali Manfaat Duduk di Lantai, Salah Satunya Panjang Umur

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 27 April 2023 - 20:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Manfaat Duduk di Lantai,  Salah Satunya Panjang Umur Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memperbaiki postur tubuh, kelenturan tubuh, serta memperkuat otot ternyata bisa dilakukan hanya dengan duduk di lantai menurut Matthew Cavanaugh, DC chiropractor di Louisiana, Amerika Serikat.

Matthew mencatat otot inti dan punggung yang tidak digunakan saat duduk di kursi justru bekerja saat duduk di lantai, selain itu dapat pula mengurangi rasa sakit di leher, bahu, dan tulang belakang secara berkala.

Advertisement

“Duduk di lantai membantu mencegah bungkuk, karena punggung bagian bawah Anda secara alami tertarik sedikit ke posisi penyangga saat Anda duduk dengan kaki bersilang,” kata Cavanaugh melansir dari Health.

Ia menambahkan agar tetap nyaman dan stabil selama duduk di lantai juga membutuhkan peregangan otot sehingga membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Bahkan berbaring di lantai juga memberikan sejumlah manfaat lain seperti membantu memperbaiki postur tubuh dimana tulang belakang melakukan dekompresi serta melepaskan ketegangan, lalu meningkatkan kelenturan di pinggul, punggung bawah, dan persendian.

Baca juga: Unik, Pria Ini Bangun Rumah Berbentuk Kapal Titanic

Meskipun bukti ilmiah masih terbatas tentang manfaat duduk di lantai, akan tetapi terdapat studi hubungan antara umur panjang dan duduk di lantai, temuan studi itu memaparkan seseorang yang sering duduk di lantai akan semakin mudah untuk bangkit dari posisi duduk dan mampu memengaruhi umur panjang.

Duduk dilantai dengan punggung menempel ke dinding agar tidak membungkuk merupakan posisi duduk yang dianggap tepat atas rekomendasi dari John Gallucci, Jr, MS, ATC, PT, DPT seorang dokter terapi fisik sekaligus CEO JAG-ONE Physical Therapy.

“Dengan menggunakan dinding sebagai penopang, sandarkan punggung Anda ke dinding dan duduk bersila. Manfaat duduk bersila termasuk peningkatan rentang gerak dan aliran darah, pelepasan ketegangan, dan juga dapat meningkatkan pergerakan usus," jelas dia.

Duduk bersila juga disebut sebagai posisi terbaik lainnya oleh Cavanaugh karena dapat membantu menjaga keselarasan tulang belakang yang tepat.

Bersandar ke dinding maupun penggunaan bantal dapat membantu menopang punggung bagian bawah serta menjaga tulang belakang tetap tegak.

Direktur The Joint Corp Kevin Lees, DC menyarankan seseorang mencoba dulu duduk selama satu atau dua menit. Setelah merasa lebih nyaman, maka dia duduk selama 20 hingga 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement