Advertisement

Mau Menurunkan Kolesterol Setelah Lebaran? Begini Caranya

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 27 April 2023 - 12:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Mau Menurunkan Kolesterol Setelah Lebaran? Begini Caranya smartCARD, alat untuk mengecek kolesterol melalui handphone di rumah - futurity.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Jamuan makan saat Lebaran seperti opor ayam, rendang, semur daging, dan lainnya mengandung banyak lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kolesterol naik.

Melansir dari Mayo Clinic, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Obat-obatan memang dapat membantu memperbaiki kolesterol Anda, tetapi ada baiknya untuk melakukan perubahan gaya hidup untuk memperbaiki kolesterol Anda.

Advertisement

Lebaran telah usai, inilah saatnya untuk memperbaiki pola hidup dan pola makan agar dapat menurunkan kolesterol.

Melansir dari Mayo Clinic dan NHS, berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan kolesterol:

1. Kurangi makan makanan berlemak

Untuk mengurangi kolesterol Anda, cobalah untuk mengurangi makanan berlemak, terutama makanan yang mengandung jenis lemak yang disebut lemak jenuh. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) - kolesterol "jahat".

Adapun makanan yang dapat Anda konsumsi, antara lain:
- ikan berminyak, seperti makarel dan salmon
- beras merah, roti gandum dan pasta gandum
- kacang-kacangan dan biji-bijian
- buah-buahan dan sayuran

Anda juga meningkatkan serat larut. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. adapun makanan yang dapat Anda konsumsi seperti oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel, dan pir.

2. Berolahraga secara rutin

Lakukan olahraga setidaknya 150 menit (2,5 jam) dalam seminggu atau aktivitas aerobik berat selama 20 menit tiga kali seminggu. Adapun beberapa pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan misalnya seperti berjalan kaki dengan tempo cepat agar jantung Anda berdetak lebih cepat, berenang, bersepeda, dan melakukan olahraga favorit agar Anda dapat menikmatinya.

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. sebagai contoh, jika dalam waktu 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung Anda pulih dari lonjakan yang disebabkan oleh rokok. Jika dalam waktu tiga bulan setelah berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru Anda mulai membaik. Terakhir, jika Anda sudah berhenti merokok dalam waktu satu tahun, risiko penyakit jantung Anda menjadi setengah dari seorang perokok.

4. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebihan akan berpengaruh terhadap kolesterol tinggi. Saat Lebaran Anda mungkin mengonsumsi makanan manis dan makanan berlemak. Untuk itu, Anda perlu mengubah rutinitas harian Anda, seperti menggunakan tangga daripada naik lift atau parkir lebih jauh dari kantor Anda. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas berdiri, seperti memasak atau melakukan pekerjaan rumah.

Jika perubahan gaya hidup saja tidak cukup, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar Anda dapat diberi rekomendasi obat untuk membantu menurunkan kolesterol Anda, minumlah obat sesuai resep sambil tetap melanjutkan perubahan gaya hidup Anda. Perubahan gaya hidup yang Anda lakukan dapat membantu menjaga dosis obat tetap rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement