Advertisement

Ada Makanan Manis dan Berlemak saat Lebaran? Boleh Makan Semuanya kok, Asal...

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 23 April 2023 - 03:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ada Makanan Manis dan Berlemak saat Lebaran? Boleh Makan Semuanya kok, Asal... Ilustrasi angpao lebaran Idul Fitri - Istockphoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tidak lengkap rasanya jika Lebaran tanpa makan-makan. Banyak menu yang bisa kita pilih namun kebanyakan menu Lebaran adalah makanan bersantan, berminyak, dan berkadar gula tinggi.

Sebut saja opor ayam, sambal goreng ati, rendang, semur daging, aneka kue kering dan lainnya. Makanan-makanan itu selalu ada saa perayaan Idulfitri tiba. 

Advertisement

Meski membahayakan tubuh, seorang ahli gizi mempersilakan kita untuk memakan apa saja saat Lebaran asal ada batasan porsinya.

Pernah diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, Ahli Gizi UGM, Dr. Toto Sudargo, M.Kes., menyampaikan pengendalian diri saat lebaran perlu dilakukan termasuk dalam mengatur konsumsi makanan. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat.

Saat lebaran biasanya kita dimanjakan dengan aneka hidangan yang berlemak, bersantan, serta tinggi gula. Setelah berpuasa selama 1 bulan biasanya ada kecenderungan kalap makan saat lebaran. Jika hal tersebut tidak dikendalikan akan memicu munculnya sejumlah penyakit di kemudian hari. Untuk itu ia pun membagikan sejumlah kiat agar bisa menjalani Lebaran dengan lebih sehat. Salah satunya, batasi porsi makan. Caranya dengan makan dalam porsi kecil.

Baca juga: Makanan yang Tak Cocok untuk Berbuka Puasa

“Silahkan untuk makan apa saja saat Lebaran mau lemak, karbohidrat, gula dan lainnya. Namun yang penting secukupnya atau sedikit-sedikit saja,” terang Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM Ini.

Lalu, imbangi dengan konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Dengan konsumsi makanan kaya serat akan membantu dalam mengikat lemak dalam makanan.

“Buah tidak buat eneg dan juga mengandung gula komplek sehingga lebih aman,”imbuhnya.

Berikutnya, tetap lakukan olahraga atau aktivitas fisik untuk membakar kalori. Lakukan aktivitas fisik secara rutin selama 30 menit setiap hari.

Tak lupa tetap makanan sesuai jam makan yaitu 3 kali sehari. Hal ini penting dilakukan untuk mengontrol asupan kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement