Advertisement

Mengenal Power Nap dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Fokus

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 25 Maret 2023 - 21:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Power Nap dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Fokus Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah melakukan aktivitas pekerjaan, sebagian besar dari kita membutuhkan waktu untuk tidur siang. Jeda selama 20 hingga 40 menit bisa merevitalisasi indra serta mengembalikan fokus serta konsentrasi ke jalur yang benar.

Aktivitas tidur siang sesaat nyatanya memiliki manfaat seperti efek minuman kopi yang juga memberikan sentakan tambahan pada indra.

Advertisement

Mengutip dari Gulfnews, James B Maas, seorang penulis dan profesor di Cornell University yang asal AS, memuji istilah 'power nap' dan menganjurkan pentingnya tidur selama 20 menit. ‘Power nap’ didefinisikan sebagai tidur tanpa terlelap dan berlangsung tak lebih dari 10 hingga 15 menit namun cukup untuk membuat Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari, serta tidak menyebabkan insomnia malam hari.

Psikiater CB Binu dari Pusat Medis Al Fasht di Sharjah lebih lanjut mengatakan semakin singkat tidur siang maka semakin efektif. Terbukti oleh penelitian dimana 10 menit pertama lebih instruktif daripada tidur siang 20 hingga 30 menit karena Anda mendapat manfaat dari kewaspadaan dan peningkatan mood.

Baca juga: Ketua IDAI: Obat Sirop Lolos Kemenkes dan BPOM, Boleh Dikonsumsi

Binu menambahkan bahwa tidur siang yang lebih lama bisa menjadi kontraproduktif. Dalam dua tahapan tidur yaitu Rapid Eye Movement (REM), dimana saat seseorang berbaring dan tertidur ringan. Lalu masuk ke dalam tahap tidur nyenyak yang disebut Non Rapid Eye Movement (N-REM).

Saat terlelap detak jantung akan ikut turun dan aktivitas otak akan melambat. Maka itu, tidur siang sepatutnya harus tetap ringan dan tidak boleh tidur nyenyak.

“Itu sebabnya ketika Anda bangun, Anda tidak pusing dan Anda tidak merasa lelah karena tidur lebih lama, disarankan untuk tidur siang lebih awal karena itu mempengaruhi tidur malam,” ujar Binu.

Penderita Kecemasan

Tidur siang juga bermanfaat bagi orang yang menderita kecemasan dan serangan panik sebab mereka cenderung lebih cepat lelah dibandingkan yang lain sehingga tingkat energinya lebih rendah.

Beberapa manfaat tidur siang lainnya ialah Anda bisa merasa lebih rileks, kelelahan berkurang, kewaspadaan dan suasana hati meningkat, dan reaksi serta ingatan akan jadi lebih baik. Begitu pula konsentrasi dan fokus akan menjadi lebih baik dengan tidur siang.

Jika ingin melakukan “power nap” aturlah alarm untuk 20 menit ke depan agar tidak tidur terlalu lama, mencoba untuk tidur siang lebih awal agar tidak mengganggu tidur malam dan pastikan suasana tenang dan minim cahaya agar tidur tidak terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KKP Klaim Tren Impor Produk Perikanan Menurun hingga Juni 2024

News
| Rabu, 24 Juli 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement