Advertisement

Tutorial Senam Lidah untuk Mengatasi Kebiasaan Ngorok

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 24 Maret 2023 - 05:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tutorial Senam Lidah untuk Mengatasi Kebiasaan Ngorok Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mendengkur alias ngorok menjadi kebiasaan yang mengusik jutaan orang setiap malam. Seorang dokter Layanan Kesehatan Inggris (NHS) menemukan lima cara olahraga lidah yang dapat menjadi solusi kebiasaan mendengkur baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Melansir dari Dailymail, sekitar 30 juta orang Inggris dan 90 juta orang Amerika diperkirakan mendengkur setiap tidurnya. Sejumlah penyebab kebiasaan mendengkur akibat beberapa faktor seperti kelebihan berat badan, merokok, terlalu banyak minum alkohol, dan tidur terlentang.

Advertisement

Namun apnea tidur juga termasuk faktor lainnya, dimana kondisi pernapasan seseorang terganggu karena adanya periode henti napas secara berulang pada saat tidur, sehingga menyebabkan otak dan bagian tubuh lain tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Seorang dokter dengan lebih dari 5 Juta pengikut di TikTok bernama Dr Karan Raj sekaligus seorang ahli bedah NHS membagikan tips terbaiknya untuk menghentikan dengkuran.

Baca juga: Simak! Ini Teks Bacaan Bilal Tarawih Serta Jawaban Jamaah, Arab dan Latin

Cukup sederhana dengan olahraga atau latihan lidah dengan menjulurkan lidah, menggoyangkannya dari satu sisi ke sisi lain, hingga mendorongnya ke langit-langit mulut. Simak caranya secara lebih lengkap berikut ini.

1. Julurkan lidah selama lima detik

Dr Raj menyarankan pendengkur untuk melakukan latihan sederhana ini sebanyak tiga atau empat kali untuk membantu meringankan gejala.

“Jika ingin sedikit rasa perlawanan, seseorang bisa mendorong lidah ke sendok,” ujarnya.

Dorong lidah sejauh mungkin tanpa terasa tegang dengan tujuan untuk melenturkan otot dan meningkatkan kekuatan. Hitung sampai lima detik lalu rilekskan lidah kembali dalam mulut selama lima detik lagi.

Dr Raj menjelaskan bahwa ini pada dasarnya adalah latihan ketahanan otot lidah dan tenggorokan, untuk mengencangkan lidah sehingga tidak mengepak atau “jatuh” saat tidur.

2. Gerakkan lidah ke kiri dan kanan

Gerakkan lidah dari satu sisi ke sisi lain di dalam mulut, cara ini dapat mengencangkan otot di sekitar jalur pernapasan sehingga dengkuran tidak terlalu sering atau berisik. Dr Raj mengklaim, semakin teratur melakukan latihan ini, semakin kecil kemungkinan mendengkur. Latihan ini juga disebut pula sebagai 'terapi myofungsional' atau 'latihan oropharyngeal'.

3. Letakkan jari di pipi dan dorong dengan lidah

Letakkan jari di bagian luar pipi sambil mendorong lidah ke arah dalam serupa dengan cara pertama Dr Raj merekomendasikan latihan ini dilakukan tiga sampai empat kali di setiap sisi. Selama melakukan latihan ini Dr Raj menyatakan, seharusnya Anda dapat merasakan ketegangan lembut di sisi yang berlawanan dengan pipi yang Anda dorong.

4. Dorong lidah ke gigi depan dan coba menelan

Dosen University of Sunderland itu merekomendasikan untuk melakukan latihan ini tiga sampai empat kali sehari.

“Untuk lebih meregangkan otot tenggorokan, lihat ke atas saat melakukannya,” jelas Dr Raj.

5. Jatuhkan lidah ke bawah dan tahan selama lima detik

Dr Raj merekomendasikan untuk menjulurkan lidah ke bawah dan menahannya selama lima detik. Ia menjelaskan, bahwa seseorang yang melakukan latihan di depan cermin akan melihat uvula mereka naik (daging kecil yang menggantung di belakang langit-langit).

“Gerakan ini akan memperkuat otot-otot di belakang tenggorokan,” ujar Dr Raj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement