Advertisement

Rumah Berusia 205 Tahun Ini Jadi Mansion Termahal di Dunia

Lajeng Padmaratri
Rabu, 22 Maret 2023 - 22:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Rumah Berusia 205 Tahun Ini Jadi Mansion Termahal di Dunia The Holme, mansion di London, Inggris yang berusia 205 tahun menjadi mansion termahal di dunia. - Wikimedia Commons

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON—Sebuah rumah besar atau mansion di London, Inggris yang berusia 205 tahun baru-baru ini dijual dengan harga £250 juta atau Rp4,7 triliun. Harganya yang fantastis membuatnya menjadi wastu termahal di dunia.

Melansir Oddity Central, rumah tua itu dinamai The Holme. Ia juga dikenal sebagai "White House of Regent's Park", karena skalanya yang besar dan gaya fasad yang mirip dengan kediaman presiden ikonik Washington DC.

Advertisement

The Holme memiliki 40 kamar tidur, delapan garasi, lapangan tenis, sauna, perpustakaan, dan ruang makan besar, sebagai bagian dari ruang tamu seluas 29.000 kaki persegi.

Rumah ini dibangun pada tahun 1818 oleh pengembang properti Georgia James Burton. Mulanya, The Holme berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga Burton, sebelum digunakan oleh Bedford College selama beberapa dekade.

Rumah itu menjadi tempat tinggal pribadi pada 1980-an dan telah dipasarkan beberapa kali sejak itu, dengan harga yang sangat tinggi setiap saat. Hari ini, itu dijual seharga £ 250 juta, harga tertinggi yang pernah ditetapkan untuk rumah mana pun.

Mansion ikonik ini sebelumnya dimiliki oleh anggota keluarga kerajaan Saudi, tetapi baru-baru ini diambil alih setelah pinjaman sekitar $180 juta berakhir. Itu adalah aset paling mahal di antara mereka yang didukung utang, dan penjualannya dipandang sebagai cara tercepat dan termudah untuk membayar utang.

Menurut majalah mewah Robb Report, The Holme adalah rumah termahal yang saat ini terdaftar untuk dijual di mana pun di dunia. Pemegang gelar 'rumah termahal' sebelumnya dipegang oleh wastu tiga lantai di Central Park Tower Kota New York yang terakhir tersedia September lalu seharga $250 juta atau Rp3,8 triliun.

The Holme diharapkan menarik minat pembeli domestik dan asing. Menariknya, banyak dari mereka bahkan tidak mempertimbangkan untuk tinggal di dalamnya, melainkan lebih memilih untuk menambahkannya ke portofolio investasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement