Advertisement

Catat! Menu Sahur Berkuah Enak dan Simple untuk Dimasak

Hana Fathina
Kamis, 16 Maret 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
Catat! Menu Sahur Berkuah Enak dan Simple untuk Dimasak Menu Sahur Berkuah - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Saat menjalankan ibadah puasa, kamu harus berhati-hati dengan yang namanya dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh tidak hanya akan menyulitkan atau merusak ibadah puasa kamu, tetapi juga kesehatanmu. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi menu sahur berkuah agar kenyang lebih lama dan tentunya tidak dehidrasi Ketika puasa. 

Tubuh kita bisa mendapatkan cairan tidak hanya dari air minum saja, tapi juga dari makanan. Sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk menjaga tubuh kita dari risiko dehidrasi. Maka dari itu, kamu perlu menu sahur berkuah dengan hati-hati dan penuh perhitungan. 

Advertisement

Berikut ini adalah beberapa menu sahur berkuah yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Sayur asem

Jika berbicara menu yang sangat mudah dibuat, maka kebanyakan orang Indonesia memilih sayur asem. Karena sayur asem ini bahan-bahannya mudah untuk didapat, dan harganya juga cukup terjangkau. Sehingga, masak menu sahur berkuah ini sangat bisa menghemat tenaga dan uang. 

2. Sayur lodeh 

Menu sahur berkuah satu ini tidak asing lagi. Jika kamu malas untuk membuat menu berkuah, kamu bisa membelinya di warung terdekat. Salah satu makanan yang bisa dibeli tanpa antri adalah sayur lodeh, hampir semua warung menjual masakan ini. 

3. Gulai tahu campur 

Tahu menjadi salah satu bahan yang bisa dimasak menjadi makanan apapun. Salah satunya yaitu gulai tahu campur, dengan tambahan topping seperti telur puyuh rebus dan irisan buncis. Membuat menu makanan ini sangat cocok dimakan Ketika sahur puasa Ramadan.

4. Sayur sop

Menu sahur berkuah yang berikutnya yakni sayur sop. Sayur sop merupakan menu sahur sederhana yang cara membuatnya cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan berbagai macam sayuran seperti kol, wortel, brokoli dan sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan telur puyuh, tahu, bakso, sosis hingga macaroni agar semakin lezat. Cara membuatnya pun cukup cepat dengan menumis bawang merah dan bawang putih serta air, lalu masukkan sayuran. 

5. Capcay kuah 

Capcay berisi sayuran dan lauk yang lengkap. Di antaranya ayam, bakso, kembang kol, caisin dan wortel. Membuatnya tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu menumis bawang putih dan memasukkan sayuran tersebut. Agar rasanya semakin lezat, kamu sebaiknya menambahkan merica dan saus tiram. 

6. Sayur bening bayam 

Menu sahur berkuah satu ini bisa jadi opsi yang cepat untuk dimasak. Sayur bening bayam tidak hanya segar dan sehat, rasanya juga sedap dan lezat. Selain itu membuatnya cukup mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Kamu juga bisa menambahkan potongan jagung yang sudah dipotong-potong. 

7. Bobor bayam 

Untuk membuat bobor bayam, kamu harus menyiapkan bayam, labu siam, dan oyong. Sementara untuk bumbu yang harus disiapkan adalah bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar. 

Itulah beberapa menu sahur berkuah yang bisa kamu coba buat Ketika bulan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspada! Hujan dan Angin Kencang Diprediksi Melanda DKI Jakarta

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement