Advertisement

Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata dari Paparan Layar Gadget

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 01 Maret 2023 - 13:37 WIB
Jumali
Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata dari Paparan Layar Gadget Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menjauhkan perangkat gadget dan layar tidak memungkinkan lagi di era teknologi yang serba canggih saat ini.

Dari mulai pekerjaan hingga pekerjaan sehari-hari memang banyak menggunakan gadget.

Advertisement

Dengan berlebihan memakai gadget akan membuat mata Anda mengalami banyak kerusakan.

Paparan layar yang lama dapat menyebabkan ketegangan mata, mata kering, dan kemerahan juga.

BACA JUGA: Mata Butuh Istirahat Agar Tidak Alami Ketegangan


Untuk mengurangi dampak layar pada mata Anda, ikuti 5 langkah sederhana ini:

1. Coba aturan 20-20-20

Mata Anda tidak dirancang untuk melihat langsung ke layar sepanjang hari. Anda perlu memberi mereka istirahat di sela-sela bekerja atau bersantai.

Terutama, istirahatkan mata Anda saat menggunakan layar tampilan. Gunakan prinsip 20-20-20. Beristirahatlah selama 20 detik setiap 20 menit untuk mengarahkan pandangan Anda ke tempat yang berjarak setidaknya 20 kaki.

2. Duduklah di ruangan yang cukup terang

Jika Anda bersalah menggunakan ponsel Anda tersembunyi di bawah selimut, Anda harus berhenti. Cahaya biru frekuensi tinggi lebih memengaruhi saat digunakan dalam cahaya sekitar rendah. Mata bersahabat dengan cahaya hangat. Cahaya alami yang difilter, lampu pijar, dan lampu LED semuanya termasuk di dalamnya. Untuk mempertahankan pencahayaan yang memadai, distribusikan pencahayaan ke seluruh rumah dan kantor Anda.

3. Kontrol kecerahan layar

Hindari mengatur monitor Anda di depan jendela atau dinding putih, dan tarik tirai atau tirai. Letakkan penutup layar di atasnya yang anti silau. Atau gunakan kacamata antisilau yang memantulkan cahaya biru. Pikirkan tentang meredupkan beberapa atau semua pencahayaan di atas kepala. Gunakan lampu meja yang dapat disesuaikan jika Anda memerlukan lampu untuk menulis atau membaca.

4. Jaga jarak dari layar

Disarankan untuk menjaga jarak layar komputer Anda antara 16 dan 30 inci (40 hingga 76 sentimeter) dari mata Anda. Smartphone juga harus dijauhkan saat menggunakannya. Salah satu efek samping yang paling merepotkan karena terlalu dekat dengan layar adalah sindrom penglihatan komputer (juga disebut ketegangan mata digital).

5. Sesuaikan pengaturan layar

Pastikan gadget Anda dikonfigurasi untuk kenyamanan mata. Untuk membuat layar Anda lebih ramah mata, tingkatkan kontras layar dan perbesar juga ukuran font teks. Sesuaikan kecerahan layar agar tidak kontras antara kecerahan atau kegelapan dengan sekitarnya. Kurangi suhu warna layar. Tetapkan kecepatan refresh cepat untuk perangkat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyidik Kasus Harun Masiku yang Terima Perintah di Luar KPK Bakal Dipecat

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement