Advertisement

Cipung Anak Raffi Ahmad Kena Tegur karena Duduk Posisi W, Ketahui Bahayanya!

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cipung Anak Raffi Ahmad Kena Tegur karena Duduk Posisi W, Ketahui Bahayanya! Anak duduk posisi W. - Klikdokter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belum lama ini video anak pertama Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Rafathar Malik Ahmad yang mengingatkan adiknya, Rayyanza Malik Ahmad untuk duduk dengan benar viral di media sosial. Pasalnya, bayi lucu yang akrab dipanggil Cipung itu duduk dengan posisi W. 

Nagita Slavina dan anggota keluarganya memang selalu mengingatkan Rayyanza agar duduk dengan benar. Setiap bayi itu duduk dengan posisi W, mereka selalu menegur agar membenahi cara duduknya. 

Advertisement

"Kakinya Dek, Dek, Dek Rayyanza, Rayyanza, hei," kata Rafathar mengingatkan sambil menepuk pundak adiknya yang sedang asik bermain. 

Video tersebut diunggah ulang oleh akun TikTok temanbumil dan dijadikan topik untuk membahas larangan bagi bayi untuk duduk posisi W. Dalam tayangan video tersebut dijelaskan bahwa bayi yang duduk posisi W bisa berbahaya karena menyebabkan gangguang postur dan kesejajaran pada bagian kaki, lutut, pinggul, dan juga bagian punggung. 

Baca juga: No Mixer, No Oven, Bikin Kue Kering Cuma Pakai Garpu? Coba yuk!

Duduk pada posisi W adalah anak duduk menggunakan bokong mereka dengan kedua kaki tertekuk ke arah luar, membentuk huruf W jika dilihat dari atas.

Dilansir dari klikdokter, anak-anak suka duduk dengan posisi ini karena posisi tulang anak. Anak-anak di usia balita memiliki posisi tulang yang membuat duduk dengan posisi W lebih nyaman untuk dilakukan. 

Posisi ini memungkinkan anak untuk mendapatkan posisi yang stabil dan mantap. Dengan begitu, dirinya dapat berkonsentrasi dalam bermain.

Posisi W juga membantu tubuh anak lebih fleksibel. Jadi, ketika hendak mainan di sekitarnya, mereka dapat dengan mudah untuk menggapainya.

Lantas mengapa anak Raffi Ahmad itu dilarang untuk duduk posisi W? Jika dilihat dari medis, duduk dengan posisi ini memang membahayakan. Di antaranya:

1. Gangguan Ortopedi 

Terbiasa duduk dengan posisi W dapat meningkatkan risiko cedera otot dan dislokasi panggul. 

Dislokasi panggul adalah kelainan struktur tubuh yang disebabkan keluarnya sendi panggul dari lokasi seharusnya di dalam tubuh. 

2. Otot Menjadi Kaku 

Dampak yang satu ini bisa terjadi apabila anak duduk posisi W, khususnya jika terus-menerus. 

Beberapa ahli percaya bahwa duduk dengan posisi W dapat menyebabkan gangguan kekakuan otot, terutama pada pasien dengan gangguan perkembangan otot seperti hipertonik dan spastisitas.

3. Gangguan koordinasi 

Kebiasaan duduk dengan posisi W menyebabkan keterbatasan untuk mencapai beberapa posisi tubuh. Hal ini akan membuat anak kesulitan untuk menggapai sesuatu. 

Misalnya, anak hanya akan menggapai bagian kanan tubuh dengan tangan kanan dan bagian kiri tubuh hanya dengan tangan kiri. 

4. Keterlambatan Perkembangan bagi Anak dengan Hipertonia

Pada anak dengan gangguan hipertonia, yaitu pertumbuhan massa otot yang berlebih, posisi duduk W akan semakin mengganggu pertumbuhan gerak mereka dan menghambat proses terapi. 

Jadi, jika anak sedang menjalani terapi hipertonia, sebaiknya orang tua lebih mewaspadai posisi duduknya. 

5. Pigeon Toes 

Efek lainnya dari kebiasaan duduk dengan posisi W adalah timbulnya pigeon toes.

Bila anak sering duduk dengan posisi W, hal ini akan menyebabkan gangguan postur dan kesejajaran bagian kaki, lutut, pinggul dan bagian punggung. Lama-kelamaan ini bisa mengakibatkan pigeon toes, yaitu ketika bagian telapak kaki mengarah ke dalam. 

6. Kelemahan Kaki

Posisi duduk W bisa menjadi pertanda bahwa kaki anak tidak terlalu kuat untuk bermain dan bertumpu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement