Advertisement

Bukan Hijau, Lampu Lalu Lintas di Jepang Berwarna Biru

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 24 Desember 2022 - 01:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Bukan Hijau, Lampu Lalu Lintas di Jepang Berwarna Biru Jepang menggunakan warna biru pada lampu lalu lintas alih/alih hijau. / Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Lampu lalu lintas yang dipasang di jalanan biasanya memiliki tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau. Namun, Jepang punya keunikan karena mereka menggunakan warna biru alih-alih hijau.

Lampu ini mengatur kapan kendaraan harus jalan dan berhenti. Jika lampu merah menyala, artinya kendaraan harus berhenti. Jika lampu kuning, maka kendaraan perlu hati-hati. Sementara jika lampu hijau menyala, kendaraan harus maju berjalan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Rupanya, Jepang menerapkan aturan yang berbeda. Pasalnya, negeri Sakura itu justru memasang lampu berwarna biru turquoise pada lampu lalu lintas.

Melansir Reader's Digest, kondisi ini dilatarbelakangi oleh sejarah di negara tersebut. Ratusan tahun yang lalu, hanya ada empat warna dasar yang ada dalam Bahasa Jepang, yaitu hitam (kuro), putih (shiro), merah (aka), dan biru (ao).

Karena tidak ada warna hijau, orang Jepang yang ingin menggambarkan sesuatu dengan warna hijau akan memakai kata “ao” yang artinya biru karena warnanya mirip hijau.

Bertahun-tahun kemudian, masyarakat Jepang membuat istilah “midori” yang berarti hijau. Secara perlahan, orang setempat mengganti kata-kata yang sebelumnya mengandung berwarna biru menjadi hijau.

Akan tetapi, meski sudah ada istilah baru untuk warna hijau, “midori” masih dianggap sebagai bayangan dari “ao.” Masyarakat Jepang belum terbiasa dengan perubahan istilah itu.

Oleh karena itu, hingga kini lampu lintas di Jepang masih memakai warna biru untuk menggambarkan warna hijau.

Undang-undang lalu lintas internasional menetapkan semua tanda "maju" harus digambarkan dengan lampu hijau. Pada aturan resmi Jepang, lampu hijau masih disebut sebagai ao daripada midori. 

Akhirnya, pemerintah Jepang memutuskan bahwa lampu lalu lintas dibuat tetap berwarna hijau dengan corak kebiruan agar bisa disebut ao.

Jadi, meski kelihatannya di Jepang lampu lalu lintasnya memakai warna biru, pemerintah berusaha meyakinkan bahwa warnanya adalah hijau seperti peraturan internasional, tapi dibuat sebiru mungkin seperti kebiasaan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reader's Digest

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement