Advertisement

Sehari Dua Jenis Protein Hewani Bisa Atasi Stunting

Newswire
Kamis, 20 Oktober 2022 - 08:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Sehari Dua Jenis Protein Hewani Bisa Atasi Stunting Ilustrasi kekurangan gizi. - Save The Children

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan menuturkan bahwa masyarakat perlu mengonsumsi dua jenis pangan hewani dalam satu hari untuk memperbaiki kondisi stunting.

Dua jenis pangan dari protein hewani itu bisa diperoleh dari telur, ikan, ayam, maupun daging merah.

Advertisement

"Terserah mau telur sama ikan boleh, telur sama daging, telur sama ayam silakan. Untuk mengejar pertumbuhan anak stunting maka kita anjurkan paling tidak di dalam menu itu ada jenis pangan hewani," ujar Prof. Ali dikutip dari Antara, Kamis (20/10/2022).

Menurutnya, anak-anak yang mengalami stunting rata-rata disebabkan kekurangan protein. Oleh karena itu perkembangan tubuhnya berhenti. Salah satu yang dapat terlihat adalah tidak bertambah tinggi.

Selain pemberian dua jenis pangan hewani, melengkapi menu makanan dengan nasi, sayur, dan lauk lainnya juga tetap dianjurkan.

Menurut Prof. Ali, pemberian dua jenis pangan hewani ini setidaknya dilakukan selama enam bulan untuk memperbaiki stunting.

"Karena stunting itu sebenarnya bagaimana asupan makanan yang beragam, bergizi seimbang dan cukup jumlahnya mengandung kandungan protein hewani," lanjutnya.

Ia menjelaskan kondisi stunting masih dapat diperbaiki hingga anak berusia 18 tahun. Akan tetapi, semakin dini usia perbaikan dilakukan, maka hasilnya akan semakin bagus bagi perkembangan sumber daya manusia.

"Tetapi karena kita konsen terhadap mutu kualitas sumber daya manusia dengan perkembangan kognitif, maka perbaikan itu harus dilakukan di bawah dua tahun, sangat ideal. Di bawah 5 tahun itu masih bisa," urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement