Advertisement

Cara Bersihkan Usus Besar Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

Widya Islamiati
Selasa, 06 September 2022 - 09:17 WIB
Sirojul Khafid
Cara Bersihkan Usus Besar Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Usus besar mempunyai peran yang penting bagi tubuh. Organ ini mempunyai fungsi mengeluarkan sisa-sisa makanan yang nutrisinya telah diserap, teramasuk juga sistem kekebalan tubuh diproduksi di organ satu ini.

Namun, karena fungsinya yang jadi tempat lewatnya sisa-sisa makanan, kesehatan usus juga sering terganggu. Gangguan ini disebabkan oleh tidak teraturnya pola makan dan kandungan makanan yang tidak diperhatikan.

Advertisement

Salah satu cara untuk merawat usus besar adalah dengan membersihkannya. Tujuannya agar bisa bekerja secara optimal. Meskipun, dalam beberapa penelitian disebutkan, pembersihan ini belum ditemukan memiliki efek yang cukup signifikan.

Berikut cara membersihkan usus besar berdasarkan Dinas Kesehatan Kalimantan Barat dan Healthline.

1. Mengonsumsi buah

Cara yang baik untuk membersihkan usus besar adalah dengan mengonsumsi apel. Karena apel punyai kandungan serat yang tinggi, punyai sifat menenangkan serta antiinflamasi. Selain itu, mengonsumsi apel dengan kulitnya bisa menambah manfaat lain untuk pembersihan usus. Hal ini dikarenakan kulit apel mengandung pektin dan antioksidan yang tinggi.

2. Mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat

Manfaat serat dalam tubuh selain untuk melindungi diri dari racun karena kaya mineral dan antioksiadan, juga bisa untuk membersihkan racun ataupun kotoran yang menempel pada dinding usus. Sayuran yang kaya akan serat seperti brokoli, kangkung serta kol.

BACA JUGA: Ini Nama Bayi Paling Populer di Inggris, Mengejutkan! Nomor Satu Ternyata Nama Ini

3. Minum air putih

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat oleh tubuh manusia jika sering meminum air putih. Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi juga menjadi salah satu cara yang baik untuk pembersihan usus.

Jika bosan dengan air, mengonsumsi buah ataupun sayuran yang tinggi kadar air seperti semangka, tomat, selada, serta seledri juga bisa jadi solusi.

4. Mengonsumsi makanan yang kaya probiotik

Probiotik baik untuk kesehatan usus besar, apalagi dalam olahan yang mengandung probiotik juga umumnya mengandung serat. Keduanya merupakan paduan kandungan yang dapat menguntungkan usus besar, seperti mencegah peradangan hingga meningkatkan efisiensi fungsi usus besar.

Olahan mengandung probiotik adalah makanan atau minuman yang melalui proses fermentasi seperti seperti yogurt, kimchi, acar, cuka apel dan lain-lain. Dalam cuka apel, selain mengandung probiotik yang dapat membantu pembersihan usus besar, tetapi juga dapat menekan bakteri jahat dalam usus.

BACA JUGA: Kulit Anda Tergolong Kulit Kombinasi? Jangan Bingung soal Perawatan, Ini Skincare yang Tepat

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung pati resistan

Pati resistan adalah sebutan bagi jenis pati yang tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan manusia. Fungsinya dapat meningkatkan mikroflora usus. Mengonsumsi makanan dengan pati resistan seperti kentang, kacang-kacangan, pisang hijau dan biji-bijian dapat membantu pembersihan usus besar.

6. Menggunakan teh herbal

Usus besar juga termasuk ke dalam organ saluran pencernaan. Salah satu minuman yang dapat membantu kesehatan saluran pencernaan adalah teh herbal. Meminum teh herbal bisa jadi cara untuk membersihkan usus besar.

Namun, perlu diketahui bahwa membersihkan usus besar juga bisa timbulkan beberapa gejala seperti mual, muntah, pusing, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit hingga kram. Jika menemui berbagai gejala ini, segera hentikan pembersihan dan jika perlu datangi fasilitas kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement