Advertisement

Cerita Djayanti Aprilia, Ilustrator Prambanan Jazz 2022, Angkat Warna Megah Kerajaan

Galih Eko Kurniawan
Senin, 04 Juli 2022 - 11:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Cerita Djayanti Aprilia, Ilustrator Prambanan Jazz 2022, Angkat Warna Megah Kerajaan Anoman dan Roro Jonggrang sebagai maskot Prambanan Jazz 2022 karya Djayanti Aprilia.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Festival musik tahunan, Prambanan Jazz Festival, baru saja selesai digelar. Selama tiga hari, dari Jumat (1/7/2022) sampai Minggu (3/7/2022), penonton menikmati pertunjukan musik dari beragam penampil.

Namun, ada satu hal yang selalu muncul di kompleks Candi Prambanan, yang jadi lokasi gelaran PJF, yakni gambar-gambar Anoman dan Roro Jonggrang yang jadi maskot Prambanan Jazz edisi tahun ini.

Advertisement

Didominasi warga ungu, maskot itu digambar seorang ilustrator asal Surabaya, Djayanti Aprilia. Dia menampilkan Anoman dan Roro Jonggrang yang sedang menari. “Warna ungu menunjukkan kemegahan kerajaan,” ungkapnya kepada Harian Jogja di sela-sela acara PJF 2022, Minggu (3/7/2022).

Ilustrator yang menyelesaikan pendidikan S2-nya di Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja ini mengaku menggarap ilustrasi PJF 2022 sekitar tiga pekan pada Januari 2022 sebelum diserahkan ke panitia PJF.

Ada tiga karya yang dia sodorkan ke panitia sebelum akhirnya dipilih satu karya untuk dipresentasikan sebagai maskot PJF 2022. “Menggarapnya cukup cepat karena dari panitia juga sudah jelas keinginannya apa,” tutur perempuan berkacamata ini.

Dalam garapannya, busana yang dikenakan Anoman dan Roro Jonggrang adalah paduan mode ala remaja era 90-an dan terkini. Djayanti mengartikan hal itu sebagai simbol lintas generasi terhadap para penampil di PJF 2022.

Selain itu, Djayanti Aprilia menghadirkan simbol-simbol berupa tangan, piringan hitam, bunga, daun, dan bulan yang menjadi representasi dari spirit kolaborasi dan sumber inspirasi dalam bermusik tanpa batas.

“Senang sekali bisa berpartisipasi di Prambanan Jazz lewat karya yang saya suguhkan. Makin senang karena PJF kali ini sudah bisa dinikmati penonton secara langsung,” ujar Djayanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement