Advertisement

Ini Jenis-jenis Obat yang Umum Digunakan untuk Penderita Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 Oktober 2021 - 22:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Jenis-jenis Obat yang Umum Digunakan untuk Penderita Diabetes Diabetes - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyakit diabetes banyak ditemukan di Indonesia. Diabetes tipe 2 adalah penyakit seumur hidup yang membuat tubuh Anda tidak menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Orang dengan Diabetes tipe 2 dikatakan memiliki resistensi insulin.

Orang yang berusia paruh baya atau lebih tua kemungkinan besar terkena diabetes jenis ini. Dulu disebut diabetes onset dewasa. Tetapi diabetes tipe 2 juga mempengaruhi anak-anak dan remaja, terutama karena obesitas pada masa kanak-kanak.

Advertisement

Tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling umum. Ada sekitar 29 juta orang di AS dengan tipe 2. 84 juta lainnya memiliki pradiabetes, yang berarti gula darah (atau glukosa darah) mereka tinggi tetapi belum cukup tinggi untuk menjadi diabetes.

Dilansir dari Webmd, jika perubahan gaya hidup tidak membawa Anda ke kadar gula darah target Anda, Anda mungkin memerlukan obat-obatan. Beberapa yang paling umum untuk diabetes tipe 2 meliputi:

1. Metformin (Fortamet, Glucophage, Glumetza, Riomet). Ini biasanya obat pertama yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Ini menurunkan jumlah glukosa yang dibuat hati Anda dan membantu tubuh Anda merespons lebih baik terhadap insulin yang dibuatnya.

2. Sulfonilurea. Kelompok obat ini membantu tubuh Anda membuat lebih banyak insulin. Mereka termasuk glimepiride (Amaryl), glipizide (Glucotrol, Metaglip), dan glyburide (DiaBeta, Micronase).
meglitinida. Mereka membantu tubuh Anda membuat lebih banyak insulin, dan mereka bekerja lebih cepat daripada sulfonilurea. Anda mungkin menggunakan nateglinide (Starlix) atau repaglinide (Prandin).

3. Thiazolidinediones. Seperti metformin, mereka membuat Anda lebih sensitif terhadap insulin. Anda bisa mendapatkan pioglitazone (Actos) atau rosiglitazone (Avandia). Tetapi mereka juga meningkatkan risiko masalah jantung Anda, jadi mereka biasanya bukan pilihan pertama untuk perawatan.

4.  DPP-4 inhibitors. Obat-obatan ini - linagliptin (Tradjenta), saxagliptin (Onglyza), dan sitagliptin (Januvia) - membantu menurunkan kadar gula darah Anda, tetapi obat-obatan ini juga dapat menyebabkan nyeri sendi dan dapat mengobarkan pankreas Anda.
agonis reseptor GLP-1. Anda minum obat ini dengan jarum untuk memperlambat pencernaan dan menurunkan kadar gula darah.

Beberapa yang paling umum adalah exenatide (Byetta, Bydureon), liraglutide (Victoza), dan semaglutide (Ozempic).

5. SGLT2 inhibitors. Ini membantu ginjal Anda menyaring lebih banyak glukosa. Anda mungkin mendapatkan canagliflozin (Invokana), dapagliflozin (Farxiga), atau empagliflozin (Jardiance). Empagliflozin juga terbukti efektif dalam mengurangi risiko rawat inap atau kematian akibat gagal jantung.

6. Insulin. Anda mungkin mengambil suntikan jangka panjang di malam hari, seperti insulin detemir (Levemir) atau insulin glargine (Lantus).

Bahkan jika Anda mengubah gaya hidup dan minum obat sesuai petunjuk, gula darah Anda mungkin masih memburuk seiring waktu. Itu tidak berarti Anda telah melakukan sesuatu yang salah. Diabetes bersifat progresif, dan banyak orang akhirnya membutuhkan lebih dari satu obat.

Ketika Anda menggunakan lebih dari satu obat untuk mengendalikan diabetes tipe 2 Anda, itu disebut terapi kombinasi.

Anda dan dokter Anda harus bekerja sama untuk menemukan campuran terbaik untuk Anda. Biasanya, Anda akan terus menggunakan metformin dan menambahkan sesuatu yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gandeng Polisi Thailand Buru dan Bawa Pulang Buron Narkoba Fredy Pratama

News
| Kamis, 18 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement