Advertisement

Ini 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Ginjal

Novita Sari Simamora
Minggu, 10 Oktober 2021 - 06:17 WIB
Sunartono
Ini 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Ginjal Ginjal - thekidneysolution.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ginjal memiliki peran penting membuang limbah, menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral yang sehat. Namun, ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari bisa merusak ginjal.

Mengutip dar Times of India, Sabtu (9/10/2021),ada banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak ginjal kita. Berikut adalah 10 yang umum:

Advertisement

1. Menggunakan obat penghilang rasa sakit secara berlebihan

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yang tersedia tanpa resep ampuh  mengurangi rasa sakit Anda. Tapi ini bisa merusak ginjal Anda, terutama jika seseorang sudah memiliki penyakit ginjal. Jadi, kurangi penggunaan NSAID secara teratur dan jangan mengonsumsi lebih dari yang direkomendasikan dokter.

2. Menggunakan garam berlebih

Garam (natrium) yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan dengan demikian berisiko terkena penyakit ginjal. Anda  juga bisa menambahkan rasa pada makanan Anda dengan bumbu dari rempah-rempah alami untuk menghindari garam.

3. Makan makanan olahan

Makanan olahan banyak mengandung natrium dan fosfor. Orang yang menderita penyakit ginjal harus menghindari makanan kemasan. Asupan fosfor tinggi, makanan olahan bisa berbahaya bagi ginjal dan tulang.

4. Kurang minum air 

Meminum air putih yang cukup akan membuat Anda terhidrasi membantu ginjal Anda untuk membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum cukup air juga membantu menghindari batu ginjal yang menyakitkan. 

Orang dengan masalah ginjal diharuskan memiliki lebih sedikit cairan. Tetapi orang dengan ginjal yang sehat harus minum 3-4 liter air setiap hari.

5. Kurang tidur

Tidur malam yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

6. Makan terlalu banyak gula

Terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, yang keduanya dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Hindari mengonsumsi biskuit, bumbu, sereal, dan roti putih karena semuanya mengandung gula tersembunyi. Baca takaran sajian dalam kemasannya dengan cermat sebelum membeli makanan apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement