Advertisement

Salah Satu Tips Turunkan Berat Badan, Minum Teh Hijau di Pagi Hari

Desyinta Nuraini
Rabu, 01 Juli 2020 - 20:47 WIB
Nina Atmasari
Salah Satu Tips Turunkan Berat Badan, Minum Teh Hijau di Pagi Hari teh hijau - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Beragam cara dilakukan terutama oleh kaum perempuan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Cara yang dilakukan mulai rutin berolahraga berat seperti kardio hingga diet ketat yang membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin penting.

Padahal masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, misalnya dengan mengonsumsi teh hijau pada waktu-waktu tertentu.

Advertisement

Melansir Express UK, teh hijau merupakan minuman paling sehat di dunia karena sifat antioksidannya dan manfaat yang terkait dengan teh. Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga serta meningkatkan pembakaran kalori saat istirahat.

Baca juga: Sejumlah Pesepeda Meninggal Mendadak di Jalan, Begini Kata Dokter Spesialis Olahraga

Teh hijau dikemas dengan senyawa yang disebut catechin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat membantu mempercepat metabolisme yang dapat membantu pembakaran lemak dan membantu menjaga berat badan ideal. Minuman ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara termasuk panas, dingin, dalam bentuk bubuk dan bida menjadi campuran susu untuk membuatnya lebih creamy.

Memasukkan teh hijau ke dalam menu diet setiap hari mungkin memakan waktu lebih lama untuk bisa menurunkan berat badan. Namun jika mengonsumsinya pada waktu tertentu, hasilnya akan cepat terasa.

Baca juga: Hati-Hati, Kopi Bisa Sebabkan Kembung

Para ahli menyarankan agar minum teh hijau di pagi hari karena dapat membantu memulai metabolisme dan memberi tubuh nutrisi yang sehat untuk meningkatkan energi. Ini juga akan membantu meningkatkn fokus dan konsentrasi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau mungkin sangat bermanfaat sebelum berolahraga.

Satu studi yang melibatkan 12 pria menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau sesaat sebelum berolahraga meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen dibandingkan dengan yang menggunakan plasebo.

Studi lain menemukan bahwa minum tiga porsi teh hijau sehari sebelum berolahraga dan satu porsi lagi dua jam sebelum berolahraga meningkatkan pembakaran lemak selama latihan dan saat istirahat. Namun, minum terlalu banyak memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh sehingga. Oleh karena itu, untuk membakar lebih banyak kalori, teh hijau hanya dikonsumsi sekitar dua hingga tiga kali sehari.

Saat membuat teh hijau, disarankan untuk merebus air dan kemudian biarkan dingin selama 10 menit sebelum dituangkan ke kantong teh hujau. Ini karena air mendidih bisa membunuh teh katekin, bahan kimia yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Orang lain mungkin menemukan bahwa minum teh hijau pada waktu tidur dapat membantu menenangkan tubuh dan memberi kualitas tidur yang baik. Tetapi untuk menurunkan berat badan, sebaiknya the hijau diminum di pagi hari atau sebelum makan.

Meskipun tidak ada bukti kuat bahwa minum teh hijau dapat menekan rasa lapar, banyak orang yang mengkonsumsi teh hijau setiap hari menjelaskan bahwa mereka merasa merasa kenyang dan tidak makan berlebihan setelahnya. Ini akan membantu menunjukkan hasil penurunan berat badan dengan cepat karena tubuh akan segera mengalami defisit kalori karena makan lebih sedikit sepanjang hari.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa minum minuman sehat ini juga dapat membantu membakar lemak perut, salah satu tempat tersulit untuk menurunkan berat badan. Senyawa dalam teh hijau meningkatkan kadar hormon dalam tubuh yang memberitahu sel-sel lemak untuk memecah lemak. Ini kemudian melepaskan lemak ke aliran darah dan menjadi cadangan energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement