Advertisement

Ayah Juga Berperan dalam Menyusui. Bagaimana Caranya?

Ria Theresia Situmorang
Senin, 12 Agustus 2019 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ayah Juga Berperan dalam Menyusui. Bagaimana Caranya? Seorang ibu menyusui bayinya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kelancaran produksi air susu ibu (ASI) tidak hanya menjadi tanggungjawab seorang ibu, tetapi ayah juga harus terlibat. Lalu, apakah peran ayah? Bagaimanakah seorang ayah harus bertindak?

Sikap dan naluri ayah ternyata berpengaruh terhadap intensitas ASI yang dikeluarkan ibu selama masa menyusui. Dalam sebuah survei yang dilakukan pada Juli 2019 menggunakan aplikasi Pregnancy+ yang dikembangkan Phillips Avent, mayoritas ibu ternyata ingin merasa dihargai oleh pasangannya selama masa menyusui.

Advertisement

Dikutip dari Star2.com, survei ini menyebut, semua ibu ingin pasangannya terlibat dalam segala aspek setelah bayinya lahir, seperti 65% ibu ingin pasangannya menyiapkan botol pompa ASI, dan 63% ingin dibantu saat menyusui bayi pada malam hari.

Beruntungnya, 82% ayah memang memiliki inisiatif terlibat dalam usaha menenangkan dan menjaga bayinya, 54% ayah bersedia memberi botol susu yang sudah berisikan ASI kepada bayinya, dan 46% di antaranya bersedia membersihkan botol dan selang pompa ASI bagi ibu menyusui.

“Peran ayah sudah berubah semenjak beberapa dekade lalu. Pria kini berkeinginan untuk terlibat langsung dalam proses tumbuh kembang anak,” ujar ginekolog Michael Abou-Dakn dari St Joseph Hospital di Berlin, Jerman.

Menurut Michael, ada banyak cara bagi ayah untuk membantu ibu dalam masa menyusui seperti mendukung secara fisik dan mental saat ibu sedang menyusui bayi, membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti memasak dan membersihkan rumah, mempelajari posisi terbaik saat bayi tengah menyusui, dan memberikan botol susu langsung kepada bayi.

Sebuah studi juga menyebut ayah harus memulai berinteraksi dengan bayinya melalui kontak kulit, sebelum mengenal lebih jauh bayinya melalui kegiatan bermain atau memberi susu dan makanan pendamping.

Hal ini terbukti dapat membuat hubungan antara ayah dan anak makin erat ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com/Star2.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement