Advertisement

Musim Hujan Tiba, Konsumsi Vitamin C Bisa Bantu Menjaga Imun Tubuh

Newswire
Rabu, 11 September 2024 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Musim Hujan Tiba, Konsumsi Vitamin C Bisa Bantu Menjaga Imun Tubuh Buah/buahan sumber vitamin C / StokCake

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menjaga kesehatan tubuh, terutama di musim hujan perlu dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini diutarakan Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan.

"Jangan lupakan untuk selalu makan sayur dan buah, terutama yang kaya vitamin C," kata Ali di Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Advertisement

Beberapa hari belakangan, hujan dengan curah tinggi telah terjadi di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Perubahan cuaca tersebut membuat tubuh menjadi rentan dari berbagai gangguan kesehatan dan dapat menyebabkan menurunnya produktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara menjaga kesehatan di musim penghujan, terutama menjaga asupan gizi setiap harinya. Salah satunya dengan mengonsumsi buah dan sayur, serta makanan yang mengandung vitamin C.

Menurut Ali, makanan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga membantu seseorang terlindungi dari serangan penyakit karena sistem pertahanan tubuh yang kuat. Terutama saat musim hujan yang membuat seseorang lebih rentan mengalami keluhan kesehatan.

BACA JUGA: Tarif CHT Diusulkan Naik Lima Persen pada 2025, Harga Rokok Bisa hingga Rp2 Ribu per Batang

"Hal itu (masalah kesehatan) dapat dihindari kalau kita memiliki ketahanan tubuh yang baik, itu juga dicerminkan dari ragam pangan yang kita konsumsi," ujarnya.

Kandungan vitamin C dapat ditemukan di berbagai jenis sayur serta buah-buahan. Antara lain jeruk, brokoli, stroberi, bayam, kiwi, melon, dan lainnya.

Selain vitamin C, Ali juga menyarankan agar masyarakat tetap memperhatikan pola makan sehat berdasarkan panduan Kemenkes RI, yaitu karbohidrat, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan dalam jumlah cukup.

"Saat musim hujan, tetap perhatikan makanan kita agar memenuhi gizi seimbang.  Intinya, keberagaman makanan yang kita konsumsi harus terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah dan itu akan mendorong kita untuk memperoleh kekebalan tubuh yang lebih baik," kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Meminta Keterangan ke Kaesang Terkait Kronologi Pelaporan Penerimaan Gratifikasi

News
| Rabu, 18 September 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement