Advertisement

Ini Manfaat Mengkonsumsi Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Newswire
Minggu, 21 Juli 2024 - 14:57 WIB
Ujang Hasanudin
Ini Manfaat Mengkonsumsi Semangka untuk Kesehatan Tubuh Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Jakarta (ANTARA) - Buah semangka tidak hanya dapat menyehatkan kulit, namun juga membantu menjaga kesehatan tubuh.Semangka memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dari segi nutrisi dan juga lezat jika dijadikan camilan di musim panas.

Ditulis laman Eating Well, Sabtu (20/7), ahli diet Maggie Michalczyk RDN mengatakan secara khusus, semangka mengandung 92 persen air, dan dapat dihitung sebagai bagian dari target asupan cairan harian Anda sebanyak 11,5 gelas sehari untuk wanita dan 13 gelas sehari untuk pria.

Advertisement

Dengan mengonsumsi semangka, anda akan mendapatkan peningkatan antioksidan. Antioksidan likopen berkontribusi pada warna merah muda cerah semangka dan membantu tubuh kita melawan kerusakan akibat radikal bebas serta membantu pencegahan penyakit, kata Michalczyk.

Kombinasi likopen dan vitamin C membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, atau penyakit neurodegeneratif.

BACA JUGA: Daftar Makanan Terbaik yang Bisa Dimasak Menggunakan Air Fryer

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin ini, serta antioksidan seperti likopen dan beta-karoten yang ditemukan dalam semangka, juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan.

Likopen juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah, yang keduanya penting untuk kesehatan kardiovaskular, karena tidak mengandung lemak, kolesterol, dan sodium. Kandungan seratnya juga membantu memberikan beban glikemik rendah yang artinya berefek kecil pada gula darah.

Satu cangkir semangka potongan dadu berisi nutrisi 46 kalori, 12 gram karbohidrat, 9 gram gula, dan merupakan sumber vitamin C dan A yang sangat baik, dan memberi manfaat hidrasi karena tambahan kalium dan magnesium.

Meskipun semangka merupakan buah yang bergizi, mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang dapat berdampak negatif pada seseorang yang sedang mengelola diabetes atau resistensi insulin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Ketua KPK Dapat Sanksi Sedang, Ini Alasan Dewan Pengawas

News
| Jum'at, 06 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement