Advertisement

Siapa Bilang Kecubung Mematikan? Berikut Manfaat dan Cara Mengolahnya

Restu Wahyuning Asih
Minggu, 14 Juli 2024 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Siapa Bilang Kecubung Mematikan? Berikut Manfaat dan Cara Mengolahnya Tanaman kecubung. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Beberapa hari terakhir di media sosial viral video puluhan masyarakat di Banyuasin, Kalimantan Selatan yang mabuk kecubung. Bahkan beberapa di antaranya sampai harus dibawa ke rumah sakit jiwa, bahkan dua di antaranya meninggal dunia. Jika dimanfaatkan dengan bijak tanaman kecubung (Dactura factuosa) sebenarnya memiliki faedah bagi tubuh.

Tanaman kecubung mengandung berbagai jenis alkaloid, seperti atropine, hyoscyamine, dan scopolamine. Kemudian ada zat kristal metil yang memiliki efek relaksasi. Selain itu, zat skopolamin diketahui sebagai zat yang paling berbahaya dengan efek samping “napas setan”. Hal ini membuat pemakannya berubah menjadi zombi.

Advertisement

BACA JUGA: Teler Habis Makan Kecubung, Remaja di Jogja Jadi Korban Penganiayaan

Namun, apabila diolah dengan benar dan penuh kehati-hatian, kecubung memiliki beberapa manfaat. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Mengatasi kulit bengkak

Kecubung dipercaya bisa membantu meredakan masalah bengkak pada kulit. Penggunaannya dicampur dengan minyak kelapa, kemudian dipanggang dan diremas, kemudian ditempelkan pada kulit yang bengkak

2. Mengatasi sembelit

Daun kecubung bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit. Caranya yakni daun diremas dan ditempatkan di perut. Cara ini juga sekaligus bisa meredakan nyeri haid dan sakit perut.

3. Mengatasi ketombe

Manfaat ketiga dari kecubung yakni bisa untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Cara membuat ramuan ketombe yakni masukkan 7 helai daun kecubung kering dan 5 sendok makan minyak kelapa ke dalam botol dan tutup rapat. Panaskan di bawah sinar matahari selama 7 hari, kemudian oleskan pada kulit kepala 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Mengobati reumatik

Daun kecubung bisa mengobati reumatik dengan cara menjemur 14 helai daun yang kemudian ditambah dengan minyak kelapa 10 sendok. Lalu simpan campuran tersebut selama 3 hari. Peras dan pisahkan minyaknya kemudian dihangatkan, Gosokkan pada bagian yang nyeri, bila perlu tambahkan sedikit minyak kayu putih.

5. Mengobati terkilir/keseleo

Terakhir, kecubung bermanfaat untuk mengobati terkilir dan keseleoo. Caranya yakni dengan campurkan 14 helai daun kecubung dengan 2 buah serai dan dicacah halus, tambahkan minyak kelapa 2 gelas, lalu gosok pada bagian yang sakit. Proses pemanasan dan pemijatan dengan minyak tersebut membantu mengurangi ketidaknyamanan pada area yang terkilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Topan Super Yagi di China, Dilaporkan 3 Tewas, 95 Terluka dan 1,2 Juta Warga Terjebak di Zona Bencana

News
| Minggu, 08 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement