Advertisement

Ini Daftar Film Marvel dengan Anggaran Paling Mahal

Rafi Abid Wibisono
Selasa, 09 Juli 2024 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Ini Daftar Film Marvel dengan Anggaran Paling Mahal Ilustrasi MCU - ist - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Marvel Studios kerap kali memproduksi film dengan biaya fantastis. Marvel Studios merupakan perusahaan produksi film superhero asal Amerika. Studio ini bergerak di bawah naungan Walt Disney Studios, salah satu studio produksi film terbesar yang ada di dunia saat ini.

Dengan membangun waralaba medianya sendiri yang bernama Marvel Cinematic Universe (MCU), Marvel Studios cukup sukses memiliki banyak penggemar.

Advertisement

Ratusan juta dolar telah dihabiskan MCU untuk membuat banyak film. Walaupun begitu, anggaran yang dikeluarkan MCU tidak selalu sejalan lurus dengan kualitas film tersebut.

Dikutip dari Comic Book Resources, berikut film-film MCU dengan anggaran terbesar, diurutkan dari yang terkecil:

Spider-Man: No Way Home (2021)

Membawakan konsep multiverse (dunia multisemesta), Spider-Man: No Way Home berhasil meraup banyak penonton saat rilis di bioskop. Film ini mengeluarkan 200 juta dolar AS, atau sekitar Rp3,2 triliun. Film yang disutradarai oleh Jon Watts ini mendapatkan skor 8.2/10 pada IMDb.

Film ini bercerita tentang Peter Parker (Tom Holland) yang identitas rahasianya sebagai Spider-Man harus terbongkar. Dalam upaya mengatasinya, Peter tidak sengaja membuka pintu menuju alam semesta lain. Hal yang berbahaya pun mulai menanti Peter.

Saat tahap pemasaran, pihak film merahasiakan kehadiran Tobey Maguire dan Andrew Garfield yang sebelumnya pernah memerankan Spider-Man sebelum Tom Holland. Meskipun hal tersebut dirahasiakan, tetapi penonton sudah dapat menduga hal tersebut akan terjadi. Kehadiran karakter-karakter lama pada film ini memberikan keuntungan yang besar bagi Disney. “Spider-Man: No Way Home” menjadi film terlaris ketujuh yang pernah dibuat.

The Avengers (2012)

Film yang disutradarai oleh Joss Whedon ini menyatukan beberapa superhero dari film-film sebelumnya ke dalam satu tim. Dengan alasan tersebut, jelas The Avengers menjadi sangat menarik dan membutuhkan anggaran yang besar dalam pembuatannya. Film ini mengeluarkan anggaran 225 juta dolar, atau sekitar Rp3,6 triliun.

The Avengers bercerita tentang enam superhero–Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Black Widow, dan Hawkeye–yang harus bersatu dan menghadapi musuh tak terduga dari luar angkasa demi menjaga keamanan dunia. Film ini menjadi penutup dari keseluruhan fase pertama MCU. Seperti banyak film-film awal MCU lainnya, The Avengers dikenang dengan sangat baik oleh sebagian besar orang.

BACA JUGA: Petani Kopi Temanggung Utung Besar, Harga Komoditas Naik 300 Persen

Thor: Love and Thunder (2022)

Setelah kesuksesan film Thor sebelumnya, Thor: Ragnarok, penggemar MCU sangat menantikan film yang satu ini. Sayangnya, anggaran yang tinggi tidak menjamin filmnya memiliki kualitas yang baik.

Film dengan anggaran 250 juta dolar AS–atau sekitar Rp4 Triliun–ini hanya mendapatkan skor 6,2/10 pada IMDb.

Menurut para pengkritik, aspek yang paling bermasalah mungkin terletak pada efek CGI yang digunakan. Selain itu, karakter Gorr (Christian Bale) yang merupakan musuh utama dalam film ini dianggap terbuang sia-sia.

Film yang disutradarai oleh Taika Waititi ini mengisahkan Thor yang saat ini tengah menikmati masa pensiunnya. Namun, Gorr the God Butcher, seorang pembunuh galaksi, berupaya untuk memusnahkan para dewa yang ada termasuk Thor.

Bersama beberapa rekan lama, Thor memulai petualangan yang mengerikan untuk mengungkap misteri pembalasan Gorr the God Butcher.

Guardians of the Galaxy Vol. 3 (2023)

MCU sempat mengalami tahun yang cukup buruk pada tahun 2023. Setelah beberapa film sempat mengalami penurunan, MCU datang dengan film Guardians of the Galaxy Vol. 3, yang menjadi bab terakhir dari kisah Guardians of the Galaxy. Dengan biaya 250 juta dolar AS, atau sekitar Rp4 triliun, film ini merupakan film MCU tersukses pada tahun 2023.

Film ini dapat membuat Anda menangis melalui momen-momen emosionalnya. Bercerita tentang Peter Quill (Chris Pratt) yang masih berduka karena kehilangan kekasihnya, Gamora (Zoe Saldana).

Di sisi lain, ia harus mengerahkan timnya untuk membela alam semesta sekaligus melindungi salah satu anggotanya yang sekarat, Rocket. Film yang disutradarai oleh James Gunn ini mendapatkan skor 7.9/10 di IMDb.

Black Panther: Wakanda Forever

Kematian Chadwick Boseman selaku pemeran utama dari Black Panther menjadi momok tersendiri bagi para pemain dan kru. Namun, MCU berhasil beradaptasi dengan keadaan dan membuat film sekuel yang sangat baik berjudul “Black Panther: Wakanda Forever”. Dalam prosesnya, banyak waktu, usaha, dan uang yang dihabiskan untuk menciptakan film ini.

Meskipun tidak sepopuler film Black Panther pertama, film ini tetap menjadi film yang sangat baik. Dengan anggaran 250 juta dolar AS atau sekitar Rp4 triliun, film yang disutradarai oleh Ryan Coogler ini mendapatkan pujian dari para kritikus.

Film ini menceritakan kisah Shuri (Letitia Wright) yang harus menjadi pemimpin baru Wakanda dan berjuang melindungi negara mereka dari campur tangan sang penguasa bawah laut, Namor.

Captain America: Civil War (2016)

Sama seperti The Avengers, film Captain America: Civil War juga mempertemukan sekelompok besar pahlawan super–yang juga diperankan oleh para aktor ternama.

Hal tersebut membuat film ini menjadi salah satu film MCU dengan anggaran terbesar, yaitu sebesar 250 juta dolar AS atau sekitar Rp4 triliun.

Namun, secara umum anggaran tersebut dianggap wajar mengingat kisah menarik yang ditawarkan oleh film ini.

Captain America: Civil War juga menjadi film terlaris tahun 2016.

Film ini disutradarai oleh Anthony Russo dan Joe Russo. Bercerita tentang pemerintahan kolektif di dunia yang mengeluarkan undang-undang yang dirancang untuk mengatur semua aktivitas pahlawan super.

Hal ini menimbulkan polarisasi pendapat di kalangan para pahlawan super, yang menyebabkan mereka terbagi menjadi dua kelompok–memihak Iron Man atau Captain America.

The Marvels (2023)

Film ini menghabiskan anggaran 274 juta dolar AS atau sekitar Rp4,4 triliun dan mungkin menjadi kegagalan terbesar MCU. Disney menghabiskan banyak uang untuk film ini, tetapi tidak dapat mempromosikannya karena adanya pemogokan SAG-AFTRA pada tahun tersebut. Film yang disutradarai oleh Nia DaCosta ini dibintangi oleh Brie Larson, Teyonah Parris, dan Iman Vellani.

Film ini bercerita tentang Captain Marvel (Brie Larson) yang harus menghadapi kekuatan jahat akibat kecerobohannya di masa lalu. Captain Marvel dibantu oleh anak sahabatnya, Monica Rambeau (Teyonah Parris) dan juga seorang penggemarnya, Kamala Khan (Iman Vellani). “The Marvels” merupakan film yang bagus, tetapi kurang menarik hati penonton. Para penonton harus menonton setidaknya dua acara serial MCU di platform Disney+ untuk memahami siapa saja karakternya.

Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Infinity War merupakan proyek paling ambisius di seluruh MCU saat dirilis. Terbukti, film ini menghabiskan anggaran sebesar 300 juta dolar AS, atau sekitar Rp4,8 triliun. Film ini merupakan film epik penuh aksi yang menampilkan hampir setiap pahlawan dari film-film MCU sebelumnya. Selain itu, terdapat pula beberapa wajah baru. Anggaran film ini pasti sangat membengkak untuk membayar gaji para pemeran tersebut. Meskipun begitu, hasilnya sepadan.

Film ini disutradarai oleh Anthony Russo dan Joe Russo, serta menceritakan Avengers dan para sekutunya yang terus melindungi dunia dari ancaman yang terlalu besar untuk ditangani, Thanos. Thanos berambisi untuk mengumpulkan keenam batu keabadian yang ada. Hal tersebut menciptakan kekuatan tak terbayangkan yang harus dihadapi para pahlawan super.

Avengers: Age of Ultron (2015)

Film ini menghabiskan anggaran 365 juta dolar AS, atau sekitar 5,9 triliun. Setelah suksesnya The Avengers, MCU terus melanjutkan kiprah baiknya dengan memproduksi film ini. Film ini menjadi film terbesar dalam fase kedua MCU. Film yang disutradarai oleh Joss Whedon ini kembali memperlihatkan Avengers yang harus melawan ancaman baru, seorang robot bernama Ultron. “Avengers: Age of Ultron” mendapatkan skor 7.3/10 pada IMDb.

Avengers Endgame (2019)

Film MCU dengan anggaran produksi termahal jatuh kepada “Avengers: Endgame”. Hampir setiap pahlawan super yang pernah dilihat penonton–banyak di antaranya yang sebelumnya dianggap telah mati–keluar dari portal dan siap menghadapi Thanos dan pasukannya. Film ini disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo, dan mendapatkan skor 8,4/10 pada IMDb.

Film ini menjadi salah satu film termahal yang pernah dibuat, dengan anggaran sebesar 400 juta dolar AS, atau sekitar Rp6,5 triliun. Menurut Box Office Mojo, film ini merupakan film terlaris kedua sepanjang masa, setelah Avatar pada tahun 2009.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemprov Jateng Pasarkan Produk 20 UMKM ke Pasar Internasional

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement