Advertisement

Kurang Bersih Menghapus Make Up Bisa Sebabkan Penyakit Hordeolum atau Bintitan

Newswire
Selasa, 14 Mei 2024 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Kurang Bersih Menghapus Make Up Bisa Sebabkan Penyakit Hordeolum atau Bintitan Bulu mata - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Berhati-hatilah jika Anda kurang bersih saat menghapus make up atau riasan pada wajah, terutamanya pada bagian mata. Pasalnya, hal itu dapat menyebabkan penyakit hordeolum, atau akrab disebut bintitan.

Dokter Spesialis Mata jebolan Universitas Brawijaya Bramantya Surya Pratama menjelaskan hordeolum merupakan benjolan kecil yang sekilas terlihat seperti jerawat atau lepuhan di dekat area bulu mata, penyebab mata bintitan biasanya adalah infeksi bakteri.

Advertisement

BACA JUGA: Gegara Sulam Alis, 2 Perempuan Alami Penyakit Autoimun Paru-Paru Serius

"Bakteri umum muncul dari sisa-sisa make up yang tidak sepenuhnya terhapus, mengusap mata dengan tangan yang kurang bersih, hingga paparan debu. Bakteri masuk melalui sela-sela bulu mata," katanya ujarnya dikutip, Selasa (14/5/2024).

Selain membuat kepercayaan diri menurun akibat benjolan di mata, bintitan tentu dapat mengganggu kenyamanan penderitanya. Umumnya penyakit ini membuat penderita merasa nyeri ketika berkedip, dapat juga mengganggu penglihatan akibat pembengkakan.

Bintitan mungkin umum terjadi dan sering dianggap sepele, namun, Bramantya mengatakan hordeolum yang tidak diobati dengan baik dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Bahkan, benjolan yang timbul dapat membatu.

“Pokoknya sering-sering bersihkan bulu mata, jangan mengucek mata, dan biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata,” lanjutnya.

Bramantya menyarankan penderita hordeolum untuk memeriksakan kondisi ke dokter mata untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Adapun untuk meredakan bengkak akibat bintitan, Bramantya menganjurkan pasien untuk melakukan kompres mata hangat menggunakan kapas selama lima menit.

BACA JUGA: Telinga Peri yang Menonjol Jadi Tren Operasi Plastik di China, Dianggap Simbol Kecantikan

“Kompres hangat ini dilakukan dengan cara merendam kapas kosmetik ke dalam air hangat, kemudian diperas, lalu ditempelkan ke kelopak mata dengan mata tertutup,” Bramantya menambahkan.

Membersihkan make up bulu mata agar benar-benar bersih penting untuk menjaga kesehatan mata dan bulu mata. Terkadang, riasan pelentik dan penebal bulumata alias mascara sangat sulit untuk dihapus.

Saat ini, banyak jenama kecantikan yang menyediakan produk penghapus riasan khusus untuk area mata yang sulit untuk dihilangkan.

Penghapus riasan atau make up remover berbasis minyak cukup efektif untuk menghilangkan make up yang tahan air atau waterproof.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemilik Maktour Travel Diperiksa KPK, Terkait Pencucian Uang Kasus SYL

News
| Senin, 27 Mei 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement