Advertisement

Kalahkan Italia, Pembuat Roti Prancis Membuat Baguette Terpanjang di Dunia, Nyaris 150 Meter

Lajeng Padmaratri
Senin, 13 Mei 2024 - 13:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Kalahkan Italia, Pembuat Roti Prancis Membuat Baguette Terpanjang di Dunia, Nyaris 150 Meter Pembuat roti Prancis baru-baru ini memecahkan rekor setelah membuat baguette atau roti tongkat terpanjang di dunia dengan panjang 140,53 meter. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, PARIS—Pembuat roti Prancis baru-baru ini memecahkan rekor setelah membuat baguette atau roti tongkat terpanjang di dunia dengan panjang 140,53 meter. Keberhasilan ini membuat mereka merebut kembali rekor salah satu lambang negara paling terkenal yang dipegang oleh Italia selama lima tahun terakhir.

Roti baguette yang sekitar 235 kali lebih panjang dari baguette tradisional itu dibuat di Suresnes di pinggiran kota Paris pada Minggu (5/5/2024) selama acara untuk konfederasi pembuat roti dan koki pastry Perancis. Sementara itu, rekor baguette terpanjang sebelumnya sepanjang 132,62 meter dipanggang di kota Como, Italia, pada Juni 2019.

Advertisement

BACA JUGA: Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Dikutip dari Reuters, pembuat roti Perancis mulai menguleni dan membentuk adonan pada jam 3 pagi sebelum memasukkannya ke dalam oven bergerak lambat yang dibuat khusus di atas roda.

“Semuanya telah divalidasi, kami semua sangat senang telah memecahkan rekor ini dan hal ini dilakukan di Prancis,” kata Anthony Arrigault, salah satu pembuat roti, setelah baguette disetujui oleh juri Guinness World Records.

BACA JUGA: Nanas Ini Harganya Rp6 Juta, Ternyata Ini yang Membuatnya Istimewa

Sebagian baguette, yang tebalnya minimal 5 cm, dipotong dan dibagikan kepada masyarakat di sekitar acara tersebut. Sementara sisanya diberikan kepada para tunawisma.

Secara resmi, baguette tradisional Perancis harus memiliki panjang sekitar 60 cm. Roti itu terbuat dari tepung terigu, air, garam dan ragi saja, dan beratnya sekitar 250 gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jateng 2024: PKS Janjikan 1,6 Juta Suara untuk Ahmad Luthfi-Taj Yasin melalui Gerakan Ketok Pintu

News
| Senin, 16 September 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement