Advertisement

Warung Makan Ini Jual Sup Tikus Selama Lebih dari Setengah Abad, Diyakini Berkhasiat

Lajeng Padmaratri
Selasa, 30 April 2024 - 14:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Warung Makan Ini Jual Sup Tikus Selama Lebih dari Setengah Abad, Diyakini Berkhasiat Di wilayah San Luis Potos di Meksico, warga terbiasa menyantap sup daging tikus karena diyakini berkhasiat. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, SAN LUIS POTOSI—Bagi kebanyakan dari kita, daging tikus menduduki peringkat teratas dalam daftar makanan yang tidak akan kita santap seumur hidup. Kendati demikian, di wilayah San Luis Potosí di Meksico, daging tikus telah lama menjadi makanan yang diyakini punya khasiat obat.

Dalam beberapa tahun terakhir, kios-kios yang menjual daging tikus dan hidangan yang mengandung daging tikus telah menghilang dari pasar lokal di Meksico. Semuanya hilang, kecuali satu di pasar Mercado República di San Luis Potosí.

Advertisement

BACA JUGA: Mengatasi Anemia dengan Makanan, Ini Daftarnya

Dilansir dari Oddity Central, kedai yang melegenda itu masih menjual kaldu hewan pengerat yang dimasak dengan berbagai macam sayuran dan rempah-rempah. Setiap mangkuk kaldu tikus berisi seekor tikus lapangan utuh dan dijual seharga 100 peso (Rp28 ribu).

Penjual daging tikus terakhir di Mercado República adalah José Remedios Hernández, juga dikenal sebagai “Camilo”. Ia mewarisi bisnis makanan eksotik dari ibunya, yang baru saja meninggal dunia.

Camilo mengenang dulu ada puluhan penjual daging tikus di pasar tersebut, namun semuanya sudah pensiun atau meninggal, dan kini ia tetap menjadi satu-satunya.

BACA JUGA: Sebelum Konsumsi, Cek Dulu Plus Minum Obat Steroid untuk Tingkatkan Massa Otot

Dia mengaku tidak berencana menyerah pada bisnis keluarga dalam waktu dekat. Bagaimanapun, kios tersebut telah beroperasi selama 52 tahun, dan dia berencana untuk mempertahankannya selama mungkin.

Semua tikus dalam kaldu yang dimasak Camilo ditangkap di pedesaan sekitar komunitas dan kota di sekitar San Luis Potosí dan diyakini warga setempat memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Mereka meyakini daging tikus sangat bermanfaat memperkuat tubuh dan meningkatkan nafsu makan.

Kendati demikian, ahli menyatakan di dalam tubuh tikus terdapat bakteri Leptospirosis yang dapat berdampak buruk kepada manusia yang terkontaminasi urine tikus maupun mengonsumsi daging tikus. Infeksi bakteri tersebut jika tidak ditangani dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati, dan bahkan kematian.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. dr Rini Sekartini, SpAk, menerangkan gejala-gejala leptospirosis tersebut, yaitu demam tinggi hingga menggigil, nyeri kepala, nyeri otot khususnya di daerah betis, sakit tenggorokan disertai batuk kering, mata merah dan kulit menguning, mual hingga muntah-muntah dan disertai diare.

"Penularannya paling sering terjadi melalui kencing tikus yang terbawa oleh air banjir," ujarnya dikutip dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ShariaCoin Luncurkan Tabungan Emas Syariah Pertama di Indonesia, Ini Keunggulannya

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement