Advertisement

Kidney Health for Everyone, Kolaborasi Wujudkan Hidup Sehat dengan Ginjal Sehat, Catat Pelaksanaannya, Gratis Loh

Media Digital
Jum'at, 01 Maret 2024 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Kidney Health for Everyone, Kolaborasi Wujudkan Hidup Sehat dengan Ginjal Sehat, Catat Pelaksanaannya, Gratis Loh Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Panti Rapih Venanda Rian, Founder I Can Enterprise Bernadeta Diah Listianingsih, Pakar dan Praktisi Marketing Communication, Ayu Cornellia, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja Nugroho Nurcahyo dan Kepala Humas RS Panti Rapih Maria Theresia Vita Puji, saat berkunjung ke Grha Harian Jogja, Jumat (1/3/2024) Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Advertisement

JOGJA—Penyakit ginjal merupakan masalah kesehatan yang serius. Bahkan menurut data terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jutaan orang di dunia menderita penyakit ginjal dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Penyakit ginjal kronis (PGK) adalah penyebab utama kematian dengan tingkat kebutuhan penggantian ginjal yang semakin meningkat. PGK di Indonesia mencapai 1,5% pada tahun 2022 dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan gaya hidup yang tidak sehat.

Advertisement

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan ginjal masih rendah, dan kasus penyakit ginjal seringkali terdeteksi pada tahap lanjut. Oleh karena itu kampanye sosial menjaga ginjal sehat menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk digaungkan.

BACA JUGA: Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Bantul Diperpanjang Hingga Akhir Mei 2024

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan ginjal dan sebagai langkah konkret meningkatkan kesehatan ginjal secara menyeluruh, Cornellia & Co PR and Marketing Agency (CnC), Komunitas I Can Enterprise (ICE), dan RS Panti Rapih berkolaborasi menggelar Kidney Campaign bertajuk Kidney Health for Everyone.

Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ginjal dengan pola hidup sehat, serta memperkenalkan komunitas penyintas gagal ginjal kepada khalayak luas sebagai wadah yang mendorong pemberdayaan dan peningkatan motivasi sebagai upaya mendukung kesehatan ginjal.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari 15 Februari hingga 3 Maret 2024. Dimulai dengan mengisi konten series kampanye ginjal sehat yang diawali dengan pengetahuan umum seputar peran dan fungsi ginjal, gejala penyakit ginjal, dan tips menjaga ginjal sehat melalui kanal media sosial Instagram @cornelliaco, @ican.enterprise, dan @rspantirapihyogyakarta.

Kemudian, dilanjutkan dengan Live Talk di Instagram bersama pakar ginjal dari Panti Rapih, pada tanggal 20 Februari 2024 bersama Kepala Instalasi Hemodialisa RS Panti Rapih dr. Triharnoto, Sp.PD-KGH, M.B.A., M.Sc., FINASIM, Dokter Umum RS Panti Rapih dr. Putri Risqi Amelia, dan Penanggung Jawab Fasilitas dan Mutu Instalasi Hemodialisa Agustinus Dalmatius, S.Kep, Ns.

Tak hanya itu, Live Talk Instagram juga dilaksanakan pada Selasa, 27 Februari 2024 bersama dr. Triharnoto, Sp.PD-KGH, M.B.A., M.Sc., FINASIM dan Agustinus Dalmatius, S.Kep. Tidak lupa pula audiensi dengan media, kemudian di puncak acara diakhiri dengan fun walk dan talk show secara luring.

Pada fun walk yang digelar pada 3 Maret 2024 tersebut, para peserta yang berpatisipasi akan membagikan air minum kepada masyarakat umum yang ditemui di sepanjang rute fun walk. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Memberikan air minum kemasan adalah simbol dari menjaga ginjal sehat dengan memberikan asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi.

Setelah fun walk, acara dilanjutkan dengan penyerahan donasi dari Cornellia & Co ke I Can Enterprise sebagai bentuk dukungan kepada para penyintas ginjal. Kegiatan akan ditutup dengan talk show bertajuk Good Lif for Health Kidney bersama dr. Triharnoto, Sp.PD-KGH, M.B.A., M.Sc., FINASIM.

Selain mengikuti talkshow yang digelar di Omah Boelondo ini, peserta juga memeriksakan komposisi tubuh dengan Bioimpadance Analysis (BIA) dan mini medical check up yang disediakan oleh RS Panti Rapih.

Seluruh rangkaian acara tersebut digelar sebagai bentuk dukungan untuk penyintas dan memperingati Hari Ginjal Sedunia. CnC, ICE, dan RS Panti Rapih yakin dengan kolaborasi ini, akan mencapai dampak yang lebih besar dalam meningkatkan kesadaran kesehatan ginjal masyarakat. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement