Advertisement

Kebiasaan Tidur Miring ke Kanan dan Kiri Mencerminkan Kepribadianmu

Mediani Dyah Natalia
Rabu, 10 Januari 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kebiasaan Tidur Miring ke Kanan dan Kiri Mencerminkan Kepribadianmu Kebiasaan miring ke kiri atau kanan mencerminkan kepribadian seseorang. Dailymail

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Apapun pilihan dan kebiasanmu, tidur miring ke kiri atau kanan menunjukkan bagaimana kepribadianmu.

Dailymail pada Selasa (9/1/2024) menulis jika orang yang suka tidur di sisi kiri lebih kreatif dan percaya diri, sedangkan orang yang suka tidur miring ke kanan lebih logis dan memiliki analisa yang baik.

Advertisement

Dasar dari membaca kepribadian ini adalah survei pada 2021 dengan melibatkan 2.000 responden. Mereka adalah warga Amerika Serikat yang diminta mendeskripsikan kebiasaan tidur mereka.

Sisi kanan atau kiri ditentukan di mana posisi kepala Anda saat di dekat kepala tempat tidur.

Kajian yang dilakukan OnePoll sebagai perwakilandari Slumber Cloud menemukan mereka yang tidur menghadap kiri lebih santai, ceria dan imajinatif. Adapun bagi mereka yang suka tidur mengarah ke kanan, lebih negatif. Namun mereka juga memiliki ambisi yang besar untuk mengumpulkan uang.

Seorang psikolog sekaligus pakar dari perusahaan matras, Simba, yakni Hope Bastine kepada Cosmopolitan merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya, yang menunjukkan jika orang yang suka tidur miring ke kiri lebih ceria daripada mereka yang suka tidur miring ke kanan.

Dia menambahkan,"Sisi positif bagi orang suka tidur miring ke kiri lebih mudah menghadapi beban pekerjaan yang banyak.Dengan demikian, mereka jadi tidak murah stres. Mereka yang tidur miring ke kiri ini juga lebih tenang daripada pasangan mereka saat menghadapi krisis dan lebih percaya diri secara keseluruhan."

Dilaporkan juga jika orang suka tidur miring ke kiri cenderung memiliki kepuasan kerja lebih tinggi dibandingkan mereka suka tidur miring ke kanan.

Bagi yang suka tidur miring ke kanan, mereka lebih pesimistik, cenderung apa adanya dan mempersiapkan hal terburuk atas segala sesuatu. Pemikiran politik mereka juga lebih ke kanan, sebaliknya terjadi pada mereka yang suka miring ke kiri.

Hasil riset ini memang tidak dapat menjadi dasar dari suatu tindakan. Namun para pakar percaya jika kebiasaan tidur miring ke kiri atau kanan berhubungan dengan kecenderungan penggunaan otak sisi kanan atau kiri.

Misalnya, orang yang lebih emosional biasanya berhubungan dengan otak sisi kiri. Begitu juga sebaliknya.

Penelitian ini juga menekankan aspek kenyamanan saat memilih tidur di tempat tidur sisi kanan atau kiri. Survei lain pada 2015 oleh Saatva Mattress menyatakan jika mayoritas orang Amerika Serikat memilih tidur di sisi kiri tempat tidur. Presentasenya 60% dari responden. Diketahui juga jika 58% laki-laki dan 50% wanita tidur di sisi kanan tempat tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement