Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

7 Hal Penting Seputar Jus Buah yang Perlu Diketahui

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 04 Agustus 2023 - 06:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Hal Penting Seputar Jus Buah yang Perlu Diketahui Ilustrasi jus buah. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jus buah dikenal sebagai salah satu asupan yang menyehatkan. Minuman ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan. 

Dalam mengonsumsi jus buah, masing-masing orang memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Ada yang menganggap jus bisa menggantikan makan, ada pula yang beranggapan jus harus disertai dengan makan nasi. 

Advertisement

Agar mendapatkan manfaat jus secara optimal, ini 7 hal penting seputar jus buah yang harus kita ketahui dilansir dari laman Kementerian Kesehatan:

1. Jus Asam Bukan Dikonsumsi Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk minum jus, karena jus buah mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Agar tidak sakit perut hindari buah buahan asam untuk jus di pagi hari. Pisang, pepaya, atau apel bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk jus di pagi hari.

2. Jus Bukan Pengganti Makanan

Saat sedang diet atau untuk kesehatan boleh saja mengganti makan malam dengan segelas jus. Tetapi bukan berarti sarapan dan makan siang juga dengan minum jus dengan maksud menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makan lain. Buah buahan tidak akan dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari.

Baca juga: Malioboro Jadi Jalur Pedestrian, Ini Gedung dan Bangunan yang Hilang

3. Jus Bukan Pengganti Buah

Terus menerus minum jus tanpa makan buah langsung tidak baik. Ini dapat meningkatkan berat badan. Perlunya tetap mengkonsumsi buah segar bermanfaat bagi lambung karena pada saat proses mengunyah, lambung kan bekerja dan membakar kalori kira kira 20kkal.

4. Jangan Simpan Jus Dalam Waktu Lama

Jus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore hari menurunkan manfaat dari jus. Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya membantu mempertahankan vitamin yang ada selama 4 jam.

5. Pilih Buah Segar

Agar mendapatkan khasiat yang maksimal gunakan buah atau sayuran segar yang masih dalam keadaan segar. Jangan karena melihat buah atau sayur mulai layu, lalu saying akhirya dibuat jus. Ini membuat kualitas juas berkurang.

6. Bisa Divariasi

Jangan hanya membuat jus dari buah yang itu itu saja. Misalnya karena menyukai buah jeruk setiap hari jus yang diminum hanya jus jeruk. Ganti dengan buah lain yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda agar tubuh memperoleh manfaat. Mengkombinasikan berbagai buah dalam satu gelas jus merupakan cara praktis agar tubuh memperoleh manfaat dalam satu kali jus.

7. Jus Tidak Selalu Rendah Kalori

Tidak berarti semua buah rendah kalori dan akan membantu diet anda. Bua seperti alpokat nangka dan durian adalah buah buahan dengan kalori yang tinggi yaitu sekirtar 200kkal. . jika ingiin jus dengan kalori rendah dapat meilih buah jeruk apel melon yang kandungan kalorinya sekitar 80kkal. Jika berat badan berlebih sebaiknya pilih jus buah dengan kalori rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Mau Impor Beras Lagi 1,5 Juta Ton di 2023, Ini Alsannya

News
| Kamis, 05 Oktober 2023, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Garrya Bianti, Resort Eksklusif Baru di Jogja yang Cocok untuk Healing Anda

Wisata
| Rabu, 04 Oktober 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement