Advertisement

Kenali Tiga Fase Perubahan Kuku Seiring Bertambahnya Usia

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 15 Juli 2023 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Tiga Fase Perubahan Kuku Seiring Bertambahnya Usia Cat kuku - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Manusia akan mengalami perubahan penampilan seiring berjalannya waktu. Tidak hanya dari rambut, tampilan kuku juga akan berbeda seiring bertambahnya usia.

"Kuku memiliki banyak karakteristik yang mirip dengan rambut," ujar profesor dermatologi Texas Tech Physicians di Lubbock, Texas, Michelle Tarbox, MD melalui Livestrong, dkutip dari Antara, Sabtu (15/7/2023). 

Advertisement

Tarbox menyampaikan rambut dan kuku kaya protein keratin dimana keduanya tumbuh dengan cara yang sama. Hal yang lumrah jika kuku perlahan terlihat dan terasa berbeda seperti rambut, seiring bertambahnya usia.

Lalu apa saja perubahan itu? Pertama, pertumbuhan kuku memakan waktu lebih lama seiring usia seseorang yang bertambah.

Baca juga: Warga Singosaren Ubah Bukit Tandus Jadi Destinasi Wisata Baru di Bantul

Menurut Tarbox, semasa lebih muda rambut dan kuku cenderung tumbuh dengan sangat baik namun tingkat pertumbuhan kuku semakin melambat hingga setengah persen per tahun.

Misalnya saat masih muda kuku dapat tumbuh tiga milimeter per bulan, kemudian menurun menjadi dua milimeter per bulan di usia tua. Alhasil kebutuhan memotongnya pun turut berkurang.

Kedua, kuku menjadi lebih rapuh. Sama seperti kulit yang menipis dari waktu ke waktu, kuku turut melewati proses atrofi yang sama, sehingga menjadi lebih tipis, kata Tarbox.

Akibatnya kuku yang kurang tebal ini jadi lebih mudah patah, bahkan tekstur kuku yang semula halus dan berkilau berubah jadi kasar serta kusam. Tak jarang dapat pula muncul garis vertikal atau tonjolan tampak seperti keriput pada kuku.

Ketiga, sebaliknya kondisi kuku kaki menebal. Mikrotrauma ke dasar kuku yang terjadi setiap kali kuku menyentuh bagian depan sepatu, menyebabkannya tumbuh dan menjadi menebal seiring waktu.

Rusaknya kuku jari kaki menjadi lebih rentan terhadap infeksi jamur sekaligus satu faktor lain yang membuat kuku menjadi sangat tebal sehingga sulit dipotong bahkan menguning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement