Advertisement

Unik! Kereta Api Ini Gunakan Bahan Bakar Sisa Kuah Ramen

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Kereta Api Ini Gunakan Bahan Bakar Sisa Kuah Ramen Kereta Amaterasu, kereta api di Jepang yang menggunakan bahan bakar sisa kuah ramen. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MIYAZAKI—Jepang merupakan rumah bagi beberapa kereta tercepat, tercanggih, dan kereta termewah di dunia. Meski demikian, salah satu perjalanan kereta paling menyenangkan di Jepang tidak dikenal karena kecepatan atau akomodasinya, melainkan sumber bahan bakarnya yang hemat dan nikmat.

Menurut My Modern Met, Kereta Api Amaterasu adalah kereta wisata unik yang terletak di Prefektur Miyazaki, Jepang. Pada paruh kedua tahun 2022, mereka menggunakan sisa kaldu ramen tonkotsu yang diambil dari restoran lokal sebagai bahan bakar kereta api.

Advertisement

BACA JUGA : Impor KRL Baru dari Jepang Tiba di Tanah Air pada 2024

Sebuah perusahaan angkutan truk Jepang bernama Nishida Logistics mengekstraksi lemak babi dari sisa kaldu kuah ramen itu dan memurnikannya; kemudian dicampur dengan minyak tua yang digunakan untuk menggoreng makanan seperti tempura. Formula terakhir terdiri dari 90% minyak goreng dan 10% lemak kaldu ramen untuk menjalankan kereta wisata tersebut.

Kereta Api Amaterasu adalah kereta wisata kecil yang membawa pengunjung dalam perjalanan 30 menit dan menampilkan beberapa landmark indah di Prefektur Miyazaki. Kereta itu sendiri, bagaimanapun, memiliki beberapa elemen unik yang membuatnya menjadi pemandangan yang menyenangkan, dari atapnya yang terbuka dan gerbong berwarna merah jambu. Belum lagi fakta bahwa kondektur meniup gelembung di sepanjang perjalanan.

Kini, keberadaan sisa kuah ramen sebagai bahan bakar menjadi fitur yang membuatnya lebih menarik. Kereta ini jadi meninggalkan aroma yang enak di udara dan tidak terlalu merusak lanskap pegunungan dan sawah yang dilaluinya.

BACA JUGA: Restoran Jepang Ini Sajikan Ramen Durian, Begini Respon Netizen

Biodiesel mengacu pada bahan bakar untuk mesin diesel yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani dan menawarkan alternatif bahan bakar fosil. Di wilayah seperti AS dan Eropa, biodiesel telah diproduksi dengan minyak nabati dari rapeseed, kanola, atau kedelai, sedangkan industri Jepang menghindari persaingan dengan produsen makanan untuk mendapatkan sumber daya, dan beralih ke minyak goreng bekas atau bahkan sisa makanan.

Sumber dayanya berasal dari restoran lokal. Untuk mengubah kaldu berlemak ini menjadi biodiesel, perusahaan memisahkan lemak babi dari sisa sup tulang babi dan kemudian memurnikannya menggunakan metode khusus agar tidak mengeras. Satu-satunya kelemahan dari biodiesel ini adalah hanya dapat disimpan paling lama beberapa bulan sebelum oksidasi mulai merusak efisiensinya.

Bahan bakar biodiesel mampu menggerakkan kereta yang terdiri dari dua gerbong dengan bobot hingga 60 penumpang ini tanpa masalah, bahkan di jalan menanjak. Meskipun diperlukan penggantian filter bahan bakar secara teratur, biayanya dikatakan hampir sama dengan bahan bakar konvensional. Selain itu, bau sedap yang ditinggalkan oleh biodiesel yang terbakar membuat pengunjung bertanya kepada kondektur kereta apakah ada restoran di dekatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement