Advertisement

JFT 2023 Diikuti Ratusan Desainer dengan Karya Wastra Nusantara

Sunartono
Selasa, 11 Juli 2023 - 23:17 WIB
Sunartono
JFT 2023 Diikuti Ratusan Desainer dengan Karya Wastra Nusantara Penampilan karya wastra nusantara dalam Jogja Fashion Tren 2023. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 131 desainer dari berbagai kota di Indonesia beradu karya busana dalam Jogja Fashion Tren (JFT) di rangkaian Grebeg UMKM di Pakuwon Mall Jogja yang dibuka Selasa (11/7/2023).

Project Director Jogja Fashion Tren 2023 Afif Syakur menjelaskan awalnya target hanya sekitar 80 desainer saja yang terlibat, namun minatnya sangat tinggi sehingga tercatat ada 132 desainer yang ikut dalam perhelatan ini. Dari jumlah itu sekitar 60% merupakan desainer dari Jogja dan 40% dari berbagai kota di Indonesia.

Advertisement

BACA JUGA : Citayam Fashion Week ala Jogja Sudah Ada Sejak Lama

Para desainer menampilkan berbagai wastra nusantara, salah satunya tenun yang berasal dari luar Jawa turut ditampilkan dalam event tersebut. Ia berharap dengan ditampilkan di Jogja karya wastra dari luar daerah itu bisa lebih dihargai.

“Harapannya nilai seni wastra itu bisa lebih dihargai karena di Jogja ini beda, istimewa. Mungkin orang menjual wastra di tempat lain hanya dipandang sebelah mata tetapi ketika diolah dan dibawa ke Jogja akan ada perhatian,” katanya.

Adapun dari sejumlah desainer tersebut di antaranya Batik Widayati, Eunique by Kamala, Yasmin Butik, Lanny Amborowati, Paradise Batik, The Kilisuci, Ina Priyono, Kalu, Galeri Batik Jawa, Benanglusi, Animorfosa, Nina Djoefri, Nayla Syarief, Reny Andry, Ira Satja, Zie Batik. Selain itu ada busana karya Afif Syakur, Animorfosa, Batik Widayati, Eunique by Kamala, Ina Priyono, Ira Satja, Nayla Syarief, Phillip, Reny Andry, Shiroshima, Wening Angga, Zie Batik.

BACA JUGA : Yats Colony dan Ayuna Gelar Fashion Show Lebaran 

Koreografer JFT 2023 Nyudi Dwijo menambahkan JFT 2023 mengusung tema unity in diversity. Event ini diharapkan menjadikan Jogja sebagai salah satu pintu gerbang karya fesyen etnik nusantara.  Inspirasi budaya dan tradisi bisa berasal dari Jawa, Bali, Papua, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra.

“Jogja Fashion Tren 2023 diikuti oleh 131 desainer dari berbagai daerah di Indonesia, yang terbagi dalam 13 sesi fashion show, kemudian melibatkan 136 model,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement