Advertisement

Dorong Budaya Cuci Tangan, Perusahaan Jepang Ciptakan Wastafel Portabel

Lajeng Padmaratri
Senin, 05 Juni 2023 - 23:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Dorong Budaya Cuci Tangan, Perusahaan Jepang Ciptakan Wastafel Portabel Wastafel portabel buatan perusahaan Jepang agar budaya cuci tangan tetap terjaga. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Perusahaan Jepang bernama Thanko baru-baru ini meluncurkan wastafel portabel yang dapat dipasang di mana saja dalam waktu kurang dari satu menit untuk memastikan tangan Anda selalu bersih.

Pandemi Covid-19 mungkin sudah berakhir, tapi itu bukan alasan untuk melupakan budaya cuci tangan. Kita memang bisa membawa hand sanitizer untuk mendisinfeksi tangan Anda saat bepergian, tetapi produk tersebut tidak bekerja melawan semua virus dan bakteri dan tidak cocok dengan sabun serta air.

Advertisement

Sayangnya, menemukan tempat untuk cuci tangan tidak selalu mudah, karena terkadang seseorang tidak memiliki akses ke air yang mengalir. Akhirnya, perusahaan ini meluncurkan wastafel portabel sebagai solusi.

Melansir Oddity Central, wastafel unik ini terbuat dari bahan ringan yang mudah dibawa kemana-mana. Ia memiliki desain modular sederhana yang membuatnya mudah untuk dirakit dan dibongkar.

Bobot wastafel portabel Thanko sekitar 3 kilogram. Memang cukup berat untuk sesuatu yang harus dibawa kemana-mana, namun setidaknya ini solusi bagi siapapun agar bisa selalu menjaga kebersihan tangan.

Wastafel ini dapat dirakit oleh satu orang hanya dalam beberapa detik. Alat ini terdiri dari tangki air dengan kapasitas 20 liter, yang juga berfungsi sebagai alas perangkat, pipa plastik yang menutupi selang air transparan, tabung drainase plastik, wastafel ringan, keran logam, dan bahkan rak handuk kecil.

Dengan bobot dan kapasitas itu, sekilas tampak bahwa membawa Thanko seperti membawa galon air mineral kemana-mana.

Jadi bagaimana air dipompa dari tangki bawah ke bak cuci? Bukan pompa kaki manual, namun wastafel portabel itu dilengkapi dengan pompa listrik yang tertanam di dalam tangki dan ditenagai oleh baterai kecil 9V yang dapat Anda temukan hampir di mana saja. Satu baterai rupanya membuat air mengalir hingga 65 jam.

Anda dapat membeli tempat cuci tangan portabel Thanko di toko online perusahaan seharga 15.980 yen (Rp1,7 juta). Dengan alat ini, sudah jelas siapapun akan bisa mencuci tangan di mana saja, asal tidak repot membawanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement