Advertisement

Ampas Kopi Jangan Dibuang, Bisa Diolah Menjadi Produk UMKM

Salma Permata Dewi
Kamis, 18 Mei 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Ampas Kopi Jangan Dibuang, Bisa Diolah Menjadi Produk UMKM Berbicara tentang kopi di Kosta Rika berarti tertuju pada teknik chorreador. - roastycoffee.com

Advertisement

Harianjogja.com,JAKARTA—Banyak yang masih membuang ampas kopi setelah meminumnya. Padahal ampas kopi banyak manfaatnya, salah satunya diolah menjadi suatu barang.

Dilansir dari Business Recycling, limbah sisa makanan termasuk ampas kopi yang dibuang di TPA ketika terurai akan menghasilkan metana yang merupakan gas rumah kaca dengan lebih dari 20 kali kapasitas pemanasan global karbondioksida.

Advertisement

BACA JUGA: Punya Kedai Kopi Terpadat, Jogja Menjadi Kota Kopi Indonesia

Oleh karena itu, daur ulang limbah, terutama limbah sisa makanan itu perlu. Ampas kopi dan limbah makanan yang didaur ulang dapat menghasilkan bahan organik dan nutrisi yang berharga bagi lingkungan. 

Berikut beberapa hasil daur ulang ampas kopi:

1. Kompos

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa limbah sisa makanan, termasuk ampas kopi, dapat berfungsi menjadi kompos yang menyuburkan tanah. Kopi yang berasal dari tanah akhirnya juga bermanfaat bagi tanah dan tanaman lain.

2. Biofuel

Minyak alami yang terkandung dalam biji kopi dapat diekstrasi untuk digunakan sebagai biofuel. Brand Kenangan juga berencana untuk mendaur ulang ampas kopi menjadi biofuel. Dilansir dari World Economic Forums, minyak dalam ampas kopi bekas diekstraksi dan dicampur dengan alkohol untuk menjalani reaksi kimia yang dikenal sebagai transesterifikasi dapat menghasilkan biodiesel yang kandungannya kira-kira 80% kopi dan 20% alkohol. Biodiesel dicuci dan disuling untuk menghasilkan produk akhir yang digunakan dalam generator biofuel standar untuk menghasilkan listrik.

3. Sampo

Kopi mengandung minyak alami, potasium, dan nitrogen. Ampas kopi juga memiliki tekstur abrasif yang sering didaur ulang untuk berbagai produk pembersih, seperti sampo. Sudah banyak di media sosial dari beberapa tahun lalu yang membagikan tips mencuci rambut menggunakan campuran sampo dan kopi. Menggosokkan bubuk kopi ke rambut saat mandi dapat membantu melonggarkan dan menghilangkan residu yang tertinggal dari produk tersebut.

4. Barang fashion

Barang-barang fashion ternyata juga bisa dibuat dari ampas kopi. Kenangan Group juga membuat barang fashion dari kopi, seperti card holder. Hasil akhir dari produk fashion ini mirip seperti produk berbahan kulit, walaupun tidak sekuat bahan kulit asli.

Sumber: bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyidik Kasus Harun Masiku yang Terima Perintah di Luar KPK Bakal Dipecat

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement