Advertisement

Daging Ikan Fillet Tiruan Ini Dicetak dengan Printer 3D, Bakal Jadi Makanan Masa Depan

Lajeng Padmaratri
Rabu, 10 Mei 2023 - 21:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Daging Ikan Fillet Tiruan Ini Dicetak dengan Printer 3D, Bakal Jadi Makanan Masa Depan Daging ikan fillet tiruan hasil karya startup asal Israel. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kemunculan makanan buatan yang diproduksi di laboratorium kini semakin beragam. Salah satunya daging ikan potong atau ikan fillet karya salah satu startup asal Israel ini.

Daging tiruan yang semakin populer dikonsumsi membuat banyak startup mulai memproduksinya. Selama ini kita sudah sering mendengar patty daging yang terbuat dari bahan nabati. Kini, muncul lagi daging tiruan berupa ikan yang diciptakan menggunakan sel ikan kerapu.

Advertisement

Melansir NDTV, sebuah perusahaan teknologi makanan Israel bernama Steakholder Foods telah menciptakan ikan fillet cetakan 3D pertama di dunia yang siap dimasak segera setelah dicetak.

Perusahaan membudidayakan ikan fillet di laboratorium menggunakan sel ikan kerapu. Menurut laporan Reuters, Steakholder Foods telah bekerja sama dengan Umami Meats yang berbasis di Singapura untuk menghadirkan opsi makanan laut baru ini ke pasar.

Dilaporkan, Umami Meats yang berbasis di Singapura mengekstraksi sel ikan kerapu dan menumbuhkannya secara artifisial menjadi otot dan lemak. Steakholder Foods kemudian menambahkan senyawa ini ke dalam bio-ink dan mencetaknya menjadi irisan daging ikan yang sempurna. Bio-ink adalah bahan yang digunakan untuk menghasilkan jaringan hidup buatan, menggunakan pencetakan 3D .

Reuters melaporkan bahwa Daging Umami menargetkan untuk meluncurkan produk tersebut di pasar pada tahun 2024. Mereka berencana untuk memulainya dengan Singapura dan kemudian memperluasnya ke negara-negara seperti Amerika Serikat dan Jepang.

Berbicara tentang ikan fillet cetakan pertama di dunia, Mihir Pershad, kepala eksekutif Umami, menyatakan bahwa para peneliti masih mengerjakan biologi sel punca ikan untuk memahami apa yang suka dimakan sel dan bagaimana sel ingin tumbuh. Pershad lebih lanjut menjelaskan bahwa mereka telah menemukan proses untuk kerapu dan belut dan berharap untuk menambah tiga spesies langka lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

Arik Kaufman, chief executive dari Steakholder Foods, menjelaskan bagaimana wujud ikan tiruan ini. "Ini memiliki tekstur ikan tradisional yang mengelupas dan ketika digoreng dan dibumbui sulit membedakannya," kata dia.

Jadi, sudah berminat mencoba ikan tiruan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : NDTV

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement