Advertisement

Sinopsis Film Dokumenter Retrograde: Perjuangan Akhir Afghanistan Pertahankan Negara

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 07 Mei 2023 - 17:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sinopsis Film Dokumenter Retrograde: Perjuangan Akhir Afghanistan Pertahankan Negara Retrograde (2022). - IMDb

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Matthew Heineman, sutradara dari film dokumenter yang secara eksklusif menyaksikan langsung setiap pertemuan maupun rapat strategi, seolah tak ada batas bagi kameranya untuk merekam setiap adegan peperangan antara Afghanistan dan Taliban.

Film berdurasi 94 menit ini akan mengaduk emosi penonton ini pertama kali tayang tayang di Festival Film Telluride AS pada 3 September 2022. Berkat arahan Heineman yang ciamik film ini meraih penghargaan DOC NYC di Festival Dokumenter Terbesar di AS tahun 2022 dan Film Dokumenter terbaik di LifeArt Festival 2020.

Advertisement

Kisah apa saja yang ditampilkan Heineman dalam film dokumenter ini? Simak sinopsis berikut ini:

Sinopsis Retrograde

Kisah dimulai dengan menampilkan perjuangan akhir antara dua kubu tentara yakni Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) dan para para perwira Afghanistan yang mereka latih, mempertahankan negara mereka sebelum akhirnya direbut kembali oleh Taliban.

Baca juga: Yang Berencana Nikah, Yuk Simak 10 Tips Keuangan Pernikahan

Sami Sadat, seorang Jenderal muda Afghanistan yang dulunya dilatih oleh para Tentara AS, bersama pasukannya kini mesti mempertahankan negara mereka sendiri tanpa bantuan AS yang telah tarik mundur oleh Joe Biden untuk pulang.

Selama itu pula tiap aksi, upaya bahkan emosi di antara hiruk pikuk peperangan terekam begitu jelas. Situasi yang semakin memburuk bahkan memaksa Sadat dan pasukannya bersembunyi di sebuah kompleks diantara suara tembakan.

Dalam situasi terpojok itu seorang tentara bertanya "Situasinya semakin buruk. Apa yang kita lakukan?" namun tidak terdengar jawaban.

Upaya sembilan bulan terakhir perang 20 tahun tentara AS di Afghanistan itu pun berakhir dengan kekacauan di Bandara Kabul dimana para warga sipil yang berusaha keras meninggalkan Afghanistan yang berakhir dikuasai oleh Taliban.

Selengkapnya kisah perjuangan para perwira dalam film dokumenter ini di Disney+ Hotstar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement