Advertisement

Olahraga Bikin Refluks Asam Lambung

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 03 Mei 2023 - 04:17 WIB
Sunartono
Olahraga Bikin Refluks Asam Lambung Sakit perut - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Usai berolahraga mungkin banyak dari Anda yang akan merasakan refluks asam lambung. Hal itu dapat terjadi jika sebelum berolahraga memakan makanan yang berat atau melakukan gerakan membungkuk atau memutar ketika sedang berolahraga. 

Olahraga yang melibatkan gerakan yang intens atau mengguncang akan mendorong asam ke dalam perut menuju kerongkongan yang dapat menyebabkan rasa terbakar atau iritasi. Namun, ada berbagai upaya pencegahan untuk menangani hal tersebut. 

Advertisement

Dilansir dari Healthshots, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi refluks asam lambung:

Jangan makan makanan berat sebelum berolahraga

Sebelum berolahraga, ada baiknya untuk menjaga perut Anda tetap ringan dengan mengonsumsi makanan ringan atau camilan. Setelah itu, beri jeda pada tubuh Anda setidaknya 30 menit sebelum memulai olahraga. 

Tetap terhidrasi

Minum air yang cukup baik sebelum, selama, ataupun sesudah berolahraga untuk  membantu mencegah refluks asam lambung. Oleh karena itu, pastikan Anda minum banyak air karena dehidrasi dapat memperburuk gejala refluks asam lambung.

Hindari makanan dan minuman tertentu

Hindari makanan pedas atau asam, minuman seperti  kafein, alkohol, dan minuman berkarbonasi yang dapat menyebabkan refluks asam lambung. Anda perlu menghindari makanan dan minuman tersebut baik  sebelum atau sesudah berolahraga.

Tunggu untuk berbaring

Setelah berolahraga, tubuh Anda akan merasa capek. Namun, jangan langsung berbaring setelah berolahraga dan tunggu setidaknya 30 menit hingga satu jam sebelum berbaring atau tidur.

Minum anti-asam

Anti-asam yang dijual bebas dapat membantu meringankan gejala refluks asam lambung. Namun, Anda perlu meminumnya sesuai dengan petunjuk yang ada. Jika Anda mengalami refluks asam kronis, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter tentang pengobatan yang tepat atau perubahan gaya hidup yang dapat membalikkan keadaan Anda.

Cobalah soda kue

Anda dapat menambahkan soda kue ke dalam air untuk membantu menetralkan dan membersihkan asam lambung karena soda kue dapat meningkatkan asupan garam dalam tubuh Anda. Namun, perlu diperhatikan kembali tingkat konsumsinya agar tidak menimbulkan efek lain dan  sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencobanya.

Jauhkan diri dari jenis latihan tertentu

Beberapa orang rentan mengalami asam lambung karena jenis olahraga tertentu. Untuk itu, Anda bisa melakukan eksperimen untuk mengetahui jenis olahraga apa yang sekiranya memicu refluks asam lambung. Misalnya, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berlari atau olahraga di dalam ruangan karena terkadang olahraga tersebut dapat memicu refluks asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement