Advertisement

Cara Membersihkan Brush Make Up agar Awet dan Bersih Sempurna

Tri Indah Lestari
Senin, 01 Mei 2023 - 22:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Membersihkan Brush Make Up agar Awet dan Bersih Sempurna Aneka bentuk brush make up. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selain membantu mempercantik wajah, brush atau kuas make up bisa menjadi ladang bakteri akibat sisa produk make up. Apalagi jika kamu jarang membersihkannya, brush tentu bisa menjadi penyebab kulit wajahmu rusak. 

Bakteri yang menumpuk di brush ini dapat pula memicu permasalahan kulit wajah seperti jerawat hingga infeksi jamur sekalipun akibat dari E. coli.

Advertisement

Maka dari itu sebaiknya bersihkan brush make up setiap seminggu atau 10 hari sekali, agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga dan produk make up pun dapat diaplikasikan secara sempurna.

Berikut ialah cara efektif membersihkan brush make up milikmu:

1. Gunakan air hangat suam-suam kuku

Bilas ujung kuas menggunakan air hangat suam-suam kuku yang mengalir untuk menghilangkan sisa produk riasan dan bakteri. Hindari merendam kuas dan cukup bilas bagian ujungnya saja, sebab merendam seluruh bagian kuas dapat melarutkan lem yang merekatkan kepala kuas ke gagangnya.

Baca juga: Waspada! Varises Bisa Turunkan Produktivitas

2. Pilihlah sabun yang berbahan lembut

Isi mangkuk dengan air hangat dan satu sendok makan sabun yang berbahan lembut seperti sabun bayi atau bisa pula menggunakan sabun mandi biasa namun hindari sabun yang mengandung bahan sulfate sebab residu sabun pada brush berpotensi menyumbat pori-pori wajah.

Campur air dan sabun dengan mengaduknya dengan ujung kuas di dalam mangkuk, kemudian pijatlah ujung kuas dengan telapak tangan untuk membersihkan residu produk secara maksimal

3. Bilas dengan air mengalir

Agar tidak ada sisa produk bilaslah ujung kuas di bawah air mengalir agar sisa sabun maupun kotoran tak lagi menempel di brush make up. Bilas hingga air bilasan tampak jernih, menandakan kuas telah bersih sempurna. Tak lupa seraya dibilas atur kembali kuas ke bentuk semula.

4. Hindari mengeringkan di atas handuk

Tak jarang banyak orang berpikir dengan mengeringkan brush make up di atas handuk dapat menyerap air lebih cepat, nyatanya cara ini berpotensi membuat kuas ditumbuhi jamur hasilnya rangkaian ritual membersihkan kuas pun jadi percuma.

Cara terbaik mengeringkan kuas ialah serap air menggunakan tisu atau handuk kering hingga tetesan air berkurang lalu biarkan kuas dalam posisi menggantung dengan posisi mendatar di tepi meja, hindari pula mengeringkan kuas dengan posisi tegak sebab sisa air dapat melonggarkan lem yang merekatkan kepala kuas dengan gagangnya.

Brush make up pun siap digunakan setelah kering secara sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KKP Klaim Tren Impor Produk Perikanan Menurun hingga Juni 2024

News
| Rabu, 24 Juli 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement