Advertisement

Waspada! Varises Bisa Turunkan Produktivitas

Newswire
Senin, 01 Mei 2023 - 05:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Waspada! Varises Bisa Turunkan Produktivitas Ilustrasi cepat capek - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA—Penyakit varises bisa menurunkan produktivitas seseorang. Hal ini disampaikan oleh dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya dr. Niko Azhari Hidayat.

"Paling besar varises itu adalah keluhan yang cepat capek. Artinya itu menurunkan produktivitas. Gerak makin terbatas," kata Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular itu dikutip dari Antara, Minggu (30/4/2023). 

Advertisement

Meski demikian, dr. Niko mengatakan, karena posisinya yang berada di bawah dan tertutup, membuat masyarakat enggan untuk mengobati varises. Mereka hanya akan berobat jika varises makin parah.

"Varises itu penyakit pembuluh darah yang cukup disepelekan, karena posisinya berada di bawah, tertutup dengan rok, celana. Sehingga, pasien itu tidak akan datang berobat kalau tidak parah," ujar Niko.

Baca juga: Covid-19 DIY Kembali Meningkat Usai Lebaran 2023, Masih Ada Kasus Meninggal

Karena itulah, Niko terus berupaya memberikan edukasi akan pentingnya melakukan pencegahan dan deteksi dini terhadap varises. Ia menyebut, bahwa berobat untuk penyakit varises tidak harus dilakukan operasi, namun cukup dengan USG.

"Berobatnya tidak langsung operasi. Cek dulu, USG saja," ujarnya.

Varises sendiri adalah penyakit yang salah satunya disebabkan oleh faktor keturunan. Oleh sebab itu, Niko menyebut bahwa kunci dari pencegahan dini adalah pengetahuan.

"Kalau masyarakat tahu bahwa dia punya faktor resiko, misalnya orang tuanya varises, seorang itu akan tahu kalau akan terpapar kurang lebih 40 persen. Nah, itu bisa dicegah progresivitasnya," katanya.

"Kalau kita mencegah lebih dini ya kita makin produktif. Di usia 40-50 terhindar dari penyakit yang lebih serius dari vena," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement