Advertisement

Koreksi Caramu! Begini Cara Mengonsumsi Buah yang Tepat

Tri Indah Lestari
Senin, 01 Mei 2023 - 23:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Koreksi Caramu! Begini Cara Mengonsumsi Buah yang Tepat Buah-buahan. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Demi memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serta enzim bagi tubuh, makan buah penting untuk kesehatan. Namun makan buah pun mesti memperhatikan cara yang tepat agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Salah satu contohnya memperbanyak konsumsi buah-buahan lokal dibanding impor.

Advertisement

"Buah-buahan impor dipetik jauh sebelum matang sehingga mengurangi nilai gizinya. Kemudian ketika tiba di pasar, buah-buahan itu disemprot dengan bahan kimia agar cepat matang. Jadi, cara terbaik untuk menghindarinya adalah konsumsilah buah-buahan lokal," ujar pembimbing nutrisi bersertifikat Tanisha Bawa, mengutip dari Hindustan Times.

Selain itu Tanisha Bawa juga membagikan cara lain untuk mengonsumsi buah agar manfaatnya bisa dirasakan maksimal, di antaranya:

1. Makan buah utuh

Jus buah memang menyegarkan dan lebih mudah untuk dicerna tubuh akan tetapi mengonsumsi buah utuh nyatanya jauh lebih baik dibandingkan jus. Sebab, kandungan serat, vitamin, mineral, dan enzim dalam buah tetap terjaga.

Baca juga: Waspada! Varises Bisa Turunkan Produktivitas

Selain itu jus dapat memicu lonjakan kadar gula darah, kadar asam urat dimana kedepannya berisiko menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan.

2. Hindari makan buah usai makan

Kebiasaan makan buah usai makan ternyata bukan cara yang tepat mengonsumsi buah, sebab buah dikonsumsi tepat setelah makan maupun dijadikan makanan penutup akan mempercepat proses pembusukan bersamaan dengan makanan dimakan sebelumnya dan justru membuat sebagian besar manfaatnya sirna.

3. Makan kacang sebelum makan buah

Kacang-kacangan ialah salah satu sumber lemak baik yang dapat membantu menyeimbangkan kenaikan gula darah dari buah-buahan. Oleh karenanya, pilihan yang tepat dan bijak untuk mengkonsumsi kacang-kacangan terlebih dahulu sebelum makan buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement