Advertisement

Cokelat Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta ? Cek Kebenarannya di Sini

Elsa Hayati Sukma
Minggu, 30 April 2023 - 15:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Cokelat Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta ? Cek Kebenarannya di Sini Trufllelogy. - Instagram trufflelogy

Advertisement

Harianjogja.com,JAKARTA —Selain memiliki rasa yang manis, cokelat sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat aneka ragam makanan dan minuman. Hal tersebut menjadikan cokelat sebagai makanan yang dapat membuat ketagihan setiap orang.

Namun, cokelat sering dikaitkan dengan penyebab munculnya jerawat dan memperparah jerawat sehingga banyak konsumen yang terpengaruh dan ikut mengurangi mengkonsumsi cokelat.

Advertisement

Dilansir melalui Verywell Health bahwa tidak ada penelitian yang menunjukan bahwa cokelat dapat menyebabkan jerawat. Tidak ada bukti bahwa biji kakao, bahan pembuat cokelat dapat menyebabkan jerawat. Bahkan beberapa bukti menunjukan bahwa gula yang merupakan bagian dari cokelat tidak dapat menyebabkan jerawat.

Artinya jika mengkonsumsi cokelat dalam jumlah sedikit tidak akan berdampak bagi kesehatan kulit yang akan menimbulkan jerawat.

Cokelat bukan menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Namun, jerawat muncul akibat penumpukan sel kulit mati di dalam pori-pori yang menyebabkan terjadinya kelebihan minyak dan berkembangbiaknya bakteri.

Hormon juga dapat berperan penting dalam perkembangan jerawat, itu sebabnya jerawat sangat umum selama masa pubertas dan saat wanita sedang mengalami menstruasi. Munculnya jerawat ini juga disebabkan oleh keturunan yang berasal dari keluarga turun temurun.

Selain hormon, kentang goreng, keripik kentang, susu rendah lemak dapat menimbulkan jerawat pada kulit. Kulit memiliki mikrobioma tersendiri pada setiap tubuh yang jika tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan terjadinya jerawat.

Untuk itu penting menjaga kesehatan kulit agar lebih terhidrasi dengan minum air mineral minimal 1,5-2 liter (6-8 gelas) air sehari. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih dan lakukanlah olahraga serta perawatan kulit agar terhindar dari masalah jerawat pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement