Advertisement

Segenggam Blueberry Kaya Nutrisi, Bisa Cegah Kanker

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 15 April 2023 - 07:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Segenggam Blueberry Kaya Nutrisi, Bisa Cegah Kanker Buah blueberry - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Melansir dari Medical Daily, baru-baru ini penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi segenggam buah blueberry dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan kardiovaskular. Selain itu blueberry juga kaya akan nutrisi lain, bahkan mampu melawan kanker serta tidak meningkatkan kadar insulin bagi para pasien diabetes.

Semua itu berkat antosianin atau pigmen biru pada blueberry yang masuk ke dalam kelas polifenol dipercaya peneliti efektif dalam meningkatkan aliran darah kardiovaskular maupun otak.

Advertisement

Pigmen serupa juga ditemui pada stroberi, raspberry, anggur merah, dan sayuran ungu. Begitu pula pada brokoli, pir, dan rempah-rempah misalnya kunyit.

"Ada beberapa bukti manfaat kesehatan dari makanan kaya antosianin lainnya dan tidak ada alasan untuk berpikir bahwa buah dan sayuran yang lain itu tidak akan bekerja sebaik blueberry, selama jumlah antosianin pada makanan tersebut cukup dan bahwa antosianin dapat diakses secara hayati dan tersedia secara hayati," kata Dr. Ana Rodriguez-Mateos, penulis utama studi tersebut.

Baca juga: Mengenal Introvert, Si Pendiam yang Jago Menjaga Rahasia

Tak berhenti sampai situ buah blueberry juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan struktur tulang, kekuatan, dan elastisitas sendi. Kandungan vitamin C pada blueberry juga membantu meningkatkan sintesis kolagen, sehingga kerutan diwajah berkurang sekaligus memperbaiki tekstur kulit yang lebih sehat.

Segenggam blueberry rendah glikemik sehingga cocok untuk camilan penderita diabetes. Ada pula khasiat lainnya yakni mampu menjaga tekanan darah, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sekaligus menghindari dari kanker, serta membantu sintesis dan perbaikan DNA berkat kandungan folat.

Akan tetapi jika mengonsumsi blueberry secara berlebihan dapat membuat seseorang overdosis vitamin K dan penyakit lainnya karena kelebihan serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement