Advertisement

Tak Hanya Pertanda Lapar, Ini Penyebab Lain Perut Keroncongan

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 08 April 2023 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Hanya Pertanda Lapar, Ini Penyebab Lain Perut Keroncongan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lapar sering kali di tandai dengan bunyi keroncongan dari perut. Namun ternyata perut keroncongan tak hanya pertanda lapar, karena usai makan pun perut terkadang masih keroncongan.

Menurut Popsugar, makan terlalu cepat atau banyaknya udara yang masuk kedalam perut saat makan bisa jadi alasan dari perut keroncongan. Selain itu, bunyi tersebut bisa jadi pertanda makanan yang dikonsumsi sulit dicerna oleh perut.

Advertisement

Selama tidak diikuti gejala lain seperti nyeri, kembung, buang air besar tidak teratur serta gejala anomali lainnya Anda tidak perlu khawatir sebab hal itu bukan pertanda ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh.

Terkadang bunyi perut keroncongan cukup mengganggu di sejumlah momen seperti berkencan atau rapat kerja bersama kolega.

Katherine Mounce ahli diet dari Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, punya cara untuk mengatasinya, yakni dengan mengubah kebiasaan makan, salah satunya mengubah tempo makan yang cepat menjadi lebih lambat dari biasanya.

Baca juga: Setiap 50 Hektare Lahan Pertanian di Bantul Lenyap

"Saat Anda makan dalam keadaan santai, tubuh akan memiliki waktu untuk mencerna makanan dengan baik sehingga tidak ada 'kebisingan' saat makanan melewati sistem pencernaan," kata Mounce.

Hindari pula berbicara saat makan atau mengunyah permen karet. Berbicara saat makan membuat banyak udara masuk ke perut sehingga dapat menimbulkan bunyi keroncongan. Mounce pun menyarankan untuk makan makanan yang tepat pada waktu yang tepat.

"Jika Anda merasa lapar dan keroncongan pada waktu tertentu secara teratur, mungkin Anda tidak makan yang cukup atau tidak memperhatikan keseimbangan makanan pada waktu makan sebelumnya. Makanlah beberapa sumber protein dan/atau lemak saat makan karena akan meningkatkan rasa kenyang," ujar Mounce.

"Tapi jika perut keroncongan dan merasa tidak lapar, ingat kapan terakhir kali Anda makan. Anda mungkin tidak merasa lapar, tapi, tubuh mungkin mencoba menunjukkan bahwa Anda lapar," Mounce melanjutkan

Tak lupa, Mounce mengimbau untuk menghindari sejumlah makanan yang berpotensi membuat perut kembung seperti makanan tinggi lemak, makanan dengan pemanis buatan, susu, kafein, dan alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement