Advertisement

Ini Pentingnya ASI untuk Bayi yang Baru Saja Lahir Secara Caesar

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 07 April 2023 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Pentingnya ASI untuk Bayi yang Baru Saja Lahir Secara Caesar Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bayi yang lahir secara caesar harus segera diberikan ASI guna memperbaiki kondisi mikrobiota ususnya, ungkap Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi Dr dr Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K).

"Terdapat ketidakseimbangan bakteri di usus atau dysbiosis pada anak yang lahir secara caesar," ujar Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melansir dari Antara.

Advertisement

Dengan kata lain, anak yang lahir secara caesar memiliki komposisi bakteri berbahaya lebih tinggi daripada bakteri baik jika dibandingkan anak kelahiran normal atau pervaginaan.

Masalah kesehatan anak terutama imunitas dan tumbuh kembang juga berisiko meningkat akibat pengaruh dari dysbiosis usus pada anak yang lahir secara caesar. Maka dari itu penting untuk menyeimbangkan komposisi mikrobiota guna pengembangan toleransi kekebalan, caranya dengan segera mungkin memberikan ASI yang mengandung probiotik.

"Pemberian ASI akan memberikan probiotik dalam jumlah yang banyak kepada bayi sehingga paling tidak meskipun lahir caesar, memperbaiki kerugian yang terjadi akibat tanpa pemberian probiotik," kata Ariani.

Baca juga: Penelitian: Tidur Berkualitas Bisa Cegah Penyakit Kardiovaskular

Prebiotik yang terkandung dalam ASI sekaligus makanan probiotik sehingga keduanya diharapkan dapat berkembang dengan baik dengan jumlah yang seimbang jumlah.

Ariani menekankan IMD, proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan dengan membiarkan buah hati mencari puting susu ibunya sendiri, penting untuk dilakukan ibu dan bayi.

"Saat IMD yang penting bukan bayi berhasil menyusu tetapi ada skin to skin contact antara ibu dan bayi yang biasanya akan meningkatkan keberhasilan menyusui," jelas Ariani.

"Kalau bayi tidak bisa mendapatkan ASI, untuk menggantikan probiotik dan prebiotik, kita bisa berikan suplementasi," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement