Advertisement

Masalah Duit Bikin Stres? Begini Cara Mengatasinya

Sabina Arla Yogandini 
Selasa, 04 April 2023 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Masalah Duit Bikin Stres? Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi kejahatan di sektor finansial. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAKesejahteraan finansial masih menjadi persoalan hingga saat ini. Tak jarang sejumlah orang akan mengalami stres karena kendala finansial yang dihadapinya.

Dilansir dari healthline.com, Financial Health Network, kesehatan finansial merupakan hubungan dinamis antara sumber daya keuangan dan ekonomi seseorang yang digunakan untuk atau berdampak pada kondisi kesehatan fisik, mental, dan sosial. Adapun kategori untuk kesehatan finansial dimulai dari rentan, tahap mengatasi, dan sehat secara finansial atau tidak ada kendala. 

Advertisement

Financial Health Institute mendefinisikan stres keuangan sebagai suatu kondisi yang disebabkan oleh masalah keuangan yang akhirnya menciptakan kecemasan, kekhawatiran, atau rasa kekurangan, dan disertai dengan respons stres fisiologis.

Sebuah penelitian telah mengaitkan antara stres keuangan dengan kesehatan mental. Sebuah studi tahun 2014 dari Universitas Yale menjelaskan bahwa masalah kesehatan mental sebenarnya adalah masalah keuangan.

Annie Harper, seorang antropolog mencatat bahwa mayoritas partisipan terlilit hutang dan mengakibatkan stres. Hutang memiliki dampak negatif yang kuat pada kesehatan mental dan apabila masalah keuangan berhasil diselesaikan, masalah lain juga dapat diselesaikan.

Stres keuangan akan berdampak negatif pada keputusan keuangan Anda yang akhirnya membuat pengeluaran yang berlebihan atau pengeluaran yang kurang. Sama halnya dengan makanan di mana seseorang dapat makan secara emosional atau sangat membatasi pola makan mereka karena stres, efek yang sama juga terjadi pada uang.

Seseorang mungkin merasa nyaman dengan "terapi ritel" yang dimana seorang akan  menghabiskan uang tanpa berpikir panjang untuk  membeli barang yang tidak penting atau membatasi asupan makanan untuk menghemat uang dengan tidak membeli kebutuhan pokok, membatasi asupan makanan untuk menghemat uang. Namun, hal tersebut bisa berbahaya dalam jangka panjang. 

Berikut cara mengubah situasi tersebut:

1. Menegosiasikan utang kartu kredit

Hal ini dapat dilakukan dengan cara konsolidasi atau hanya meminta untuk menurunkan suku bunga. Anda juga dapat melihat dari platform lain tentang cara melunasi hutang kartu kredit secara mandiri.

2. Melatih kesadaran akan uang

Kesadaran akan uang adalah sebuah cara untuk meningkatkan kesadaran dalam membuat keputusan keuangan. Pengeluaran yang berlebihan dan kecemasan keuangan lainnya adalah hasil dari pilihan keputusan finansial yang tidak disadari. Dalam hal ini, Anda perlu meningkatkan kesadaran akan kebutuhan finansial atau keuangan Anda agar nantinya tidak ada yang disesali karena keputusan yang diluar kendali Anda.

3. Memiliki tanggal keuangan

Konsistensi dari adanya latihan ini mengajarkan Anda bagaimana cara untuk meningkatkan kesadaran pada semua keputusan keuangan. Tak hanya itu, Anda juga dapat berhenti sejenak untuk menikmati keberhasilan, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya hal itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement