Advertisement

Ilmuwan Kembangkan Sumpit yang Bisa Meningkatkan Rasa Asin pada Makanan

Lajeng Padmaratri
Kamis, 30 Maret 2023 - 22:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Ilmuwan Kembangkan Sumpit yang Bisa Meningkatkan Rasa Asin pada Makanan Ilmuwan Jepang ciptakan sumpit yang bisa meningkatkan rasa asin makanan. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Peneliti Jepang telah mengembangkan sumpit terkomputerisasi yang bisa meningkatkan rasa asin secara otomatis. Alat ini berpotensi membantu orang-orang yang perlu mengurangi sodium dalam pola diet mereka.

Melansir New York Post, sumpit ini dikembangkan bersama oleh profesor Universitas Meiji Homei Miyashita dan pembuat minuman Kirin Holdings Co. Inovasi sumpit itu akan meningkatkan rasa menggunakan stimulasi listrik dan komputer mini yang dikenakan di gelang pengguna.

Advertisement

Miyashita menjelaskan perangkat tersebut menggunakan arus listrik yang lemah untuk mengirimkan ion natrium dari makanan, melalui sumpit, ke mulut yang menciptakan rasa asin. “Akibatnya, rasa asinnya meningkat 1,5 kali lipat,” ujarnya.

Miyashita dan labnya telah mengeksplorasi berbagai cara agar teknologi dapat berinteraksi dan menstimulasi pengalaman sensorik manusia. Dia juga pernah mengembangkan layar TV yang dapat dijilat yang dapat meniru berbagai rasa makanan.

Sumpit penambah rasa mungkin memiliki relevansi khusus di Jepang, di mana diet tradisional lebih menyukai rasa asin. Rata-rata orang dewasa Jepang mengonsumsi sekitar 10 gram garam per hari, dua kali lipat jumlah yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Padahal, kelebihan asupan natrium terkait dengan peningkatan insiden tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit lainnya.

“Untuk mencegah penyakit ini, kita perlu mengurangi jumlah garam yang kita konsumsi,” kata peneliti Kirin, Ai Sato.

"Jika kita mencoba untuk menghindari mengurangi garam dengan cara konvensional, kita harus menanggung rasa sakit karena memotong makanan favorit kita dari diet kita, atau bertahan makan makanan hambar."

Keberadaan sumpit penambah rasa asin ini disebut bisa menjadi solusi bagi orang Jepang agar bisa menikmati makanan dengan nikmat, tanpa benar-benar mengonsumsi garam terlalu banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : New York Post

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement