Advertisement

Begini Pola Asuh Anak yang Baik, Jangan Sampai Buah Hati Jadi Korban

Hadid Husaini
Sabtu, 18 Maret 2023 - 12:37 WIB
Arief Junianto
Begini Pola Asuh Anak yang Baik, Jangan Sampai Buah Hati Jadi Korban Ilustrasi anak dan orang tua - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kenari Kota Jogja menyebut pola asuh yang tidak seimbang terjadi karena orang tua tidak memiliki konsep yang benar. Budaya patriarki yang masih mengakar di masyarakat Indonesia juga menjadi salah satu persoalan.

Psikolog Puspaga Kenari Jogja, Tri Novita Herdalena menyebut pasangan suami istri acap kurang memperhitungkan konsekuensi yang terjadi ketika telah memiliki buah hati. “Karena budaya di Indonesia masih banyak patriarki, pola pikirnya perempuan domestik sedangkan laki-laki di kantor,” ujar Novita di gedung TP PKK Balai Kota Jogja, Jumat (17/3/2023).

Advertisement

Minimnya pengetahuan soal pembagian tugas dan kewajiban dalam pengasuhan anak sangat berpotensi menjadi pemicu perpecahan dalam keluarga sehingga dapat mempengaruhi pola tumbuh kembang dan perubahan sikap anak yang menurut Novita dapat menduplikasi apa yang dilihat. “Anak melihat pola kedua orang tuanya, sehingga perilaku muncul dari apa yang jadi identifikasi. Konsekuensinya kedepanya anak bisa pelaku kekerasan atau menjadi korba," kata dia.

BACA JUGA: Dear Moms, Cermati Tips Tingkatkan Kualitas Pola Asuh Anak Berkualitas

Permasalah tersebut menurut Novita bisa diantisipasi jika keduanya sudah memiliki pertimbangan dan konsep yang baik dalam mengasuh. Novita menyampaikan bahwa peran kedua pihak baik suami maupun istri sangat penting meskipun keduanya memiliki kesibukan masing dalam bekerja.

“Dalam mengasuh anak itu sebenarnya yang dibutuhkan tanggung jawab kedua-duanya. Kalau keduanya bekerja, bisa diserahkan sama simbah atau asisten rumah tangga,” ujar Novita.

Meskipun begitu dirinya juga para wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga harus bisa berkompromi dan penuh ikhlas dan bukan karena terpaksa. Disisi lain suami selain memberikan nafkah juga harus memahami sisi batin istri yang merawat anak dalam keseharian. 

“Suami juga harus memberikan apresiasi dengan kalimat yang mesra dan kasih sayang, sehingga menciptakan kesejukan dalam keluarga. Bisa juga dengan sentuhan fisik,” ujar Novita.

Puspaga sendiri melakukan berbagai program guna memberikan pemahaman mengenai keluarga yang menyasar sejumlah sekolah yang diintergrasikan pada Sekolah Ramah Anak mulai dari tingkat kota hingga wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement