Advertisement

Bukan Cuma Kulit, Ini 6 Manfaat Kolagen bagi Tubuh

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 16 Maret 2023 - 23:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bukan Cuma Kulit, Ini 6 Manfaat Kolagen bagi Tubuh Ilustrasi kolagen

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kolagen merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan saat menjelang usia 30 tahun atau 40 tahun. Suplemen kolagen bermanfaat dalam rutinitas sehari-hari dan bisa digunakan menjadi 'perekat' bagi tubuh.

Memasukkan peptida kolagen ke dalam makanan dapat membantu tubuh untuk mengisi kembali nutrisi yang mulai hilang seiring bertambahnya usia sekaligus menjaga kesehatan Anda secara umum.

Advertisement

Apa saja manfaat kolagen bagi tubuh? Simak rangkuman berikut ini:

1. Sumber protein yang mudah dicerna

Protein seperti daging ayam atau sapi membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencernanya. Terkadang, beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti bersendawa atau sakit perut setelah makan.

Namun, suplemen kolagen dihidrolisis, yang berarti kolagen bisa dipecah, sehingga protein lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena peptida kolagen dapat mudah larut dalam air berkat proses hidrolisis, sehingga sangat mudah untuk memasukkannya ke dalam hidangan biasa (seperti air atau smoothie).

Baca juga: 5 Langkah-Langkah Mandi Menggunakan Shower

2. Dapat membantu mengurangi kerontokan rambut

Banyak pria tidak menganggap serius kolagen sampai mereka mulai menyadari kerontokan rambut. Kolagen berfungsi membuat folikel rambut jadi lentur dan kuat.

Terdapat sejumlah suplemen kolagen yang tersedia bagi yang ingin menjaga kesehatan rambut. Kolagen akan memperbaiki kerontokan rambut serta menciptakan helai rambut yang lebih kuat dan indah.

3. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Mengonsumsi kolagen secara teratur mampu memperbaiki fungsi sendi yang lebih halus, aktivitas sehari-hari seperti berjalan, menaiki dan menuruni tangga, berdiri dari posisi duduk, membungkuk, dan menahan beban menjadi bebas nyeri sendiri dan terasa lebih mudah.

Selain itu, kolagen bisa membantu mengurangi nyeri terkait osteoarthritis. Kolagen juga bisa membantu pemulihan lebih cepat dari cedera olahraga dan mengurangi kemungkinan lebih banyak patah tulang.

4. Mempercepat perbaikan otot

Kolagen berperan membentuk sekitar 75 persen dari tendon dan ligamen. Dengan mengonsumsi kolagen dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan atau cedera di masa mendatang. Dapat pula mengurangi peradangan dari ketegangan akibat angkat berat atau olahraga berdampak tinggi.

5. Baik bagi kesehatan usus

Anda bisa mempertimbangkan kolagen ke dalam diet jika Anda menderita penyakit radang usus (IBD) atau sindrom usus bocor. Setiap sel di usus didukung oleh kolagen, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi lapisan usus Anda.

6. Mendukung penuaan yang berkualitas

Manfaat kolagen yang paling populer ialah berkontribusi untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi penampakan kerutan dan garis halus pada kulit. Konsumsi kolagen diyakini dapat meningkatkan kapasitas alami tubuh dalam memproduksi kolagen sehingga meningkatkan elastisitas dan anti penuaan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kritis UKT saat Rakernas PDIP, Megawati: Masa Mau Pinter Disuruh Bayar Mahal?

News
| Minggu, 26 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement